Teh Hijau Menurunkan Berat Badan? Ini Alasan nya

Mungkin tidak asing lagi bagi Anda tentang Manfaat Teh Hijau Untuk Diet, Apakah teh hijau benar-benar dapat menurunkan berat badan? Lalu bagaimana proses teh hijau dalam melangsingkan tubuh. berikut penjelasan nya.

Diet Teh hijau –  digunakan sebagai pelangsing karena dapat meningkatkan metabolisme sehingga efektif dan bagus untuk menurunkan berat badan.

Selain itu teh hijau juga baik untuk kesehatan. Teh hijau tersedia dalam bentuk bubuk maupun teh celup yang dapat Anda temukan di pasar dengan berbagai merk.

Teh adalah minuman paling sehat di dunia karena sarat akan antioksidan dan berbagai zat yang bermanfaat bagi kesehatan serta teh hijau juga dapat menurunkan berat badan.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa manfaat teh hijau, salah satu nya sebagai teh pelangsing dapat meningkatkan pembakaran lemak dan membantu Anda menurunkan berat badan.

Baca juga 5 Merk Teh Hijau Yang Bagus Untuk Diet

Program Detox dapat Turunkan Berat dengan Cepat dan Aman
Smart Detox UltimatePack
INFO LEBIH LANJUT

Alasan Apakah Teh Hijau Menurunkan Berat Badan Dan Bermanfaat Untuk Diet

Berikut adalah penjelasan bagaimana teh hijau dapat membantu penurunan berat badan secara alami.

 

Teh Hijau Mengandung Zat Bioaktif yang Meningkatkan Metabolisme

Zat bioaktif adalah senyawa yang mempunyai efek fisiologis dalam tubuh yang berpengaruh positif terhadap kesehatan manusia.

Zat bioaktif yang terkandung dalam teh hijau adalah kafein dan EGCG (Epigallocatechin gallate). Zat bioaktif tersebut terdapat di daun teh yang larut dalam air, saat Anda menjadikannya sebagai minuman penutup.

Daun teh Hijau

Saat Anda minum secangkir teh yang berkualitas, Anda benar-benar mendapatkan sejumlah besar zat yang bermanfaat terhadap kesehatan tubuh.

Manfaat teh hijau dapat menurunkan berat badan,  karena kandungan kafein (24-40 mg) didalam nya lebih sedikit dibanding secangkir kopi (100-200 mg), namun cukup memperoleh manfaat dari kandungan kafein yang memiliki efek ringan.

Kafein sebagai stimulan yang telah terbukti membantu dalam pembakaran lemak dan meningkatkan kinerja pada saat berolahraga yang ditemukan dalam banyak penelitian.

Selain itu, teh hijau mempunyai antioksidan yang sangat besar dan kuat yang disubut catechins.

Zat bioaktif yang paling penting dalam teh hijau untuk menurunkan berat badan adalah EGCG (Epigallocatechin gallate) karena ia bisa meningkatkan metabolisme.

Manfaat ini tidak hanya didapat dari meminum teh hijau sebagai minuman pelangsing, tetapi juga mengambil ekstrak teh hijau sebagai suplemen. Sebagian besar penelitian menggunakan ekstrak teh untuk bahan uji coba. (source)

Teh hijau dapat menurunkan berat badan mengandung zat bioaktif seperti kafein dan EGCG, yang memiliki efek kuat pada metabolisme.

Baca juga : Cara Diet Alami dalam Waktu Singkat Tetapi Tetap Aman

Diet Teh Hijau Membantu Mobilisasi Lemak Dari Sel Lemak

Untuk membakar lemak, pertama-tama lemak harus dipecah menjadi sel lemak dan agar masuk ke aliran darah.

Senyawa aktif  dalam teh hijau membantu proses ini dengan cara meningkatkan efek beberapa hormon pembakaran lemak.

Antioksidan utama dalam teh pelangsing yaitu EGCG, membantu menghambat enzim yang memenghancurkan hormon norepinephrine.

Bila enzim ini dihambat, jumlah norepinephrine meningkat. Hormon ini digunakan oleh sistem saraf sebagai pemberi sinyal pada sel lemak, dan memerintahkan hormon tersebut untuk memecahkan lemak.

Oleh karena itu, semakin banyak norepinephrine dikirim ke sel lemak dan lebih banyak pula lemak yang dihancurkan.

Kafein dan EGCG (keduanya ditemukan secara alami dalam teh hijau) yang sebenarnya dapat memiliki efek sinergis, karena kafein meningkatkan langkah lain dalam memdapatkan tujuan yang sama.

Pada akhirnya sel lemak akan memecahkan lebih banyak lemak, yang kemudian disalurkan ke dalam aliran darah dan menjadikan nya sebagai cadangan untuk digunakan sebagai energi oleh sel yang membutuhkannya, seperti sel otot.

Zat dalam teh hijau meningkatkan kadar hormon yang memberitahu sel lemak untuk memecah lemak. dan menyalurkan lemak ke dalam aliran darah dan menjadikan nya  sebagai ketersediaan energi.

Diet Teh Hijau Meningkatkan Pembakaran Lemak, Terutama Selama Berolahraga

Minum teh sebelum olahraga

Hampir disetiap obat pelangsing dan suplemen pembakaran lemak, Anda mungkin akan menemukan beberapa jenis teh di sana sebagai ramuan.

Hal ini karena manfaat teh hijau dapat menurunkan berat badan telah terbukti bisa meningkatkan pembakaran lemak, terutama saat berolahraga.

Dalam sebuah penelitian, pria yang mengkonsumsi ekstrak teh hijau saat berolahraga, dapat membakar lemak 17% lebih banyak daripada pria yang tidak mengkonsumsi suplemen.

Studi ini menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan efek pada pembakaran lemak saat latihan olahraga.

Studi lain yang dilakukan selama 8 minggu menunjukkan bahwa manfaat teh hijau meningkatkan pembakaran lemak, baik saat berolahraga maupun saat istirahat.

Ada beberapa penelitian yang sependapat dengan hal ini. Teh hijau secara selektif meningkatkan pembakaran lemak, yang dapat menyebabkan penurunan lemak tubuh dalam jangka panjang. (Source)

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak. Efeknya bahkan lebih kuat saat berolahraga.

 

Apa yang Cerita dari RONI WALUYA & SARAH HADJU tentang Smart Detox?
Info LanjutKlik Disini

Diet Teh Hijau Bisa Meningkatkan Tingkat Metabolisme Dan Membuat Anda Membakar Lebih Banyak Kalori

Secara naluri tubuh manusia selalu membakar kalori. Bahkan saat tidur ataupun duduk, sel kita melakukan milyaran fungsi yang membutuhkan energi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat teh hijau dapat menurunkan berat badan bisa membuat kita membakar lebih banyak kalori, bahkan saat istirahat.

Sebagian besar penelitian menunjukkan peningkatan pembakaran kalori sekitar 3-4%, meskipun beberapa penelitian menunjukkan peningkatan setinggi 8%.

Bagi orang yang membakar 2000 kalori per hari, 3-4% berjumlah 60-80 kalori per hari, sama hal nya  dengan diet protein tinggi.

Meskipun sebagian besar penelitiannya sangat singkat (1-3 hari), ada juga beberapa bukti bahwa efek peningkatan metabolisme berlanjut dalam jangka panjang.

Dalam sebuah penelitian terhadap 60 orang obesitas, kelompok yang mengkonsumsi ekstrak teh hijau kehilangan 7,3 lbs (3,3 kg) dan membakar 183 kalori lebih banyak per hari setelah 3 bulan.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua penelitian menunjukkan bahwa teh hijau meningkatkan metabolisme. Efeknya mungkin bergantung pada individu.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan metabolisme dan membantu orang membakar sekitar 3-4% lebih banyak kalori setiap hari.

Bisakah Teh Hijau Mengurangi Nafsu Makan Anda?

Teh Hijau mengurangi Nafsu Makan

Salah satu cara agar teh hijau bisa membantu menurunkan berat badan, adalah dengan mengurangi nafsu makan.

Ini akan membuat kita mengkonsumsi lebih sedikit kalori, secara otomatis, tanpa usaha apapun.

Beberapa penelitian telah mengamati dampak teh hijau terhadap nafsu makan, namun sebagian besar menunjukkan hasil yang bertentangan.

Penelitian terhadap hewan menunjukkan bahwa manfaat teh hijau dapat mengurangi jumlah lemak yang diserap dari makanan, namun hal ini belum dikonfirmasi pada manusia.

Secara keseluruhan, tampaknya teh hijau memberi efek utamanya terutama dengan meningkatkan “kalori keluar” dengan kata lain membuat kita membakar lebih banyak lemak. Namun, tampaknya ia tidak memiliki efek nyata pada pengurangan nafsu makan.

Saat ini tidak ada bukti bahwa teh hijau membuat orang makan lebih sedikit kalori. Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa hal itu dapat mengurangi penyerapan lemak dari makanan, namun hal ini belum dikonfirmasi pada manusia.

Diet Teh Hijau Menurunkan Lemak, Terutama Lemak Perut Berbahaya 

Ketika sampai pada penurunan berat badan yang sebenarnya, efek teh hijau relatif rendah. Meski ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa orang memang mengalami penurunan berat badan, ada juga beberapa penelitian yang menunjukkan tidak ada efeknya.

Dua studi peninjauan yang meneliti banyak percobaan menemukan bahwa orang kehilangan rata-rata sekitar 3 pon (1,3-1,4 kg).

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua lemak sama. Kita memiliki lemak subkutan yang berada di bawah kulit, tapi kemudian kita juga memiliki lemak viseral, yaitu lemak perut yang terbentuk di sekitar organ tubuh.

Lemak visceral ini sangat berbahaya. Ini menyebabkan pembengkakan dan resistensi insulin, keduanya sangat terkait dengan segala macam penyakit serius, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Beberapa penelitian tentang teh hijau menunjukkan bahwa teh hijau meskipun efek penurunan berat badan rendah, persentase signifikan lemak yang hilang adalah lemak visceral yang berbahaya.

Secara keseluruhan, ini dapat diterjemahkan bahwa teh hijau membantu penurunan risiko banyak penyakit yang membunuh, dan dapat menyebabkan kehidupan yang lebih lama dan lebih sehat.

 

Kesimpulan Alasan Apakah Teh Hijau Menurunkan Berat Badan & Bermanfaat Untuk Diet

Meskipun teh hijau dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak, hingga menurunkan berat badan. Hanya akan sedikit efek untuk Anda kehilangan berat badan.

Namun, manfaat teh hijau untuk diet akan tampak jika dikombinasikan dengan strategi penurunan berat badan efektif lainnya seperti makan lebih banyak protein dan mengurangi karbohidrat.

Yang perlu diingat, bahwa manfaat teh hijau tidak sekedar menurunkan berat badan saja, namun juga sangat sehat dikonsumsi karena berbagai alasan lainnya.

Source : UNIVERSITY of MARLYLAND MEDICAL CENTER

Baca juga: Cara Minum Teh Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *