Spirulina Plus Kapsul Suplemen Terbaik 2018?

Suplemen makanan super yang berwarna biru-hijau ini mungkin menjadi pembicaraan hangat di dunia kesehatan saat ini.

Tak heran begitu banyak orang ingin mencoba menambahkan spirulina ke dalam makanan mereka. Tapi apa spirulina plus terbaik yang ada di market?

Jangan terkecoh dengan harga murah, pastikan Anda mendapat barang ASLI untuk memperoleh khasiat yang optimal!

Apa itu Spirulina?

Spirulina adalah sejenis ganggang biru-hijau yang biasa ditemukan perairan segar di seluruh dunia dari Hawaii sampai China.

Ini kaya akan protein dan memiliki profil nutrisi yang serupa dengan kelp atau chlorella.

Biasanya, spirulina dapat dipanen di seluruh dunia dalam berbagai iklim yang berbeda. Ia diproses dengan baik menjadi suplemen yang bisa Anda konsumsi karena didalamnya terkandungan vitamin dan mineral.

Dari tahun ke tahun, produk baru muncul di pasar kesehatan dan dalam beberapa tahun terakhir kita mendengar istilah “makanan super” berulang-ulang.

Jika Anda percaya semua iklan, Anda akan berpikir bahwa memakan makanan super seperti quinoa yang akan memberi Anda kekuatan yang luar biasa.

Faktanya adalah, kebanyakan orang mendengar tentang hal-hal ini dan sama sekali tidak tahu apa itu, apa manffatnya, bagaimana cara memakannya, atau mengapa mereka harus membelinya dan bagaimana mengidentifikasi produk itu berkualitas?

Jadi mari kita telusi tentang spirulina sebelum anda membelinya. Ini adalah Salah satu yang paling diteliti superfoods sampai saat ini, ada lebih dari 1200 artikel ilmiah tentang jumlah besar manfaat kesehatan dan gizi spirulina yang ditawarkan.

Tanaman ini menjadi populer saat NASA menyadari bahwa itu bisa ditanam di luar angkasa dan oleh karena itu dimakan oleh astronot! Awalnya dikonsumsi oleh Aztec.

Meski paling dikenal sebagai bahan utama dalam minuman superfood, jika digunakan setiap hari, spirulina memiliki kekuatan untuk memperbaiki kesehatan Anda.

 

Jenis dan Tipe Suplemen Spirulina plus di Pasaran

Spirulina

Sekarang setelah Anda tahu sedikit tentang spirulina, Anda mungkin bertanya-tanya bentuk spirulina plus apa yang tersedia untuk dimakan saat ini.

Spirulina yang dijadikan santapan merupakan kue alga tradisional yang dibuat oleh suku Aztec atau Afrika. Ada beberapa bentuk spirulina plus yang berbeda yang akan Anda temukan saat ini:

#1 Serbuk spirulina

Anda juga bisa membeli spirulina plus dalam bentuk bubuk. Hal ini memungkinkan Anda mengukur dosis yang Anda inginkan, atau menambahkan bubuk langsung ke sup, roti, sereal, jus dan sebagainya.

#2 Kapsul Spirulina dan tablet

Salah satu cara yang paling umum untuk mengkonsumsi spirulina plus adalah kapsul dan tablet yang mengandung bubuk alga dengan mudah.

#3 Minuman spirulina

Bubuk spirulina plus tujuan umum, kecuali bahwa iyang dijual sebagai campuran minuman. Idenya sama; Anda hanya mencampurnya menjadi minuman jus atau smoothie dan nikmati.

#4 Makanan yang mengandung spirulina sebagai bahan dasar

Anda terkadang dapat menemukan makanan atau minuman yang Anda beli terdapat di label informasi bagian belakang mengandung spirulina.

Ini bukan suplemen spirulina plus, tapi memberi pilihan lain untuk menambahkan spirulina plus ke makanan, walaupun tidak dalam bentuk konsentrasi ynag tinggi.

 

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Spirulina dan Dosis yang di Anjurkan?

Satu sendok makan (7 gram) bubuk spirulina plus kering mengandung:

  • Protein: 4 gram.
  • Vitamin B1 (Thiamin): 11% dari RDA.
  • Vitamin B2 (Riboflavin): 15% dari RDA.
  • Vitamin B3 (Niacin): 4% dari RDA.
  • Tembaga: 21% dari RDA.
  • Besi: 11% dari RDA.

Dengan hanya 20 kalori, spirulina plus bisa menjadi makanan paling bergizi yang diketahui manusia. Belum lagi, banyak manfaat kesehatan yang didukung oleh sains.

Spirulina plus dapat dikonsumsi dengan aman dalam dosis tinggi.
Dosis yang direkomendasikan paling umum berkisar antara 2.000 – 3.000 mg per hari menurut University of Maryland Medical Center.
Biasanya ini dipecah menjadi 4 – 6 bagian. Setiap porsi terdiri dari 500 mg.

Cara konsumsi spirulina plus:

Bagaimana Anda meminum spirulina plus? Itu tergantung dari jenis produk spirulina plus yang telah Anda beli.
Jika Anda telah membeli kapsul spirulina plus:
• Periksa petunjuk untuk melihat berapa banyak kapsul yang direkomendasikan.
• Minum sesuai dosis yang disarankan dengan air.

Jika Anda telah membeli campuran minuman atau bubuk:
• Periksa petunjuk untuk melihat berapa porsi yang direkomendasikan. Biasanya Anda mengkonsumsi sekitar 1-2 sendok teh total per hari.
• Ukur jumlah yang Anda butuhkan untuk setiap porsi dan tambahkan sebanyak itu pada smoothie, minuman jus, dll.
• Nikmati.

Makanan dan minuman yang mengandung spirulina dikonsumsi sama seperti suplemen.
Tapi ingatlah kandungan spirulina nya hanya lebih rendah, dan mungkin belum tidak memadai untuk dijadikan sebagai suplemen biasa.

Manfaat Spirulina yang telah di Buktikan Dunia Medis

Secara teratur, sangat disarankan oleh para ahli agar Anda minum spirulina plus setiap hari. Spirulina yang diproduksi secara standar mencakup manfaat kesehatan yang sangat signifikan bagi orang yang rutin mengonsumsinya.

Berikut adalah alasan Anda harus mengkonsumsi spirulina dengan teratur:

1. Spirulina Mempercepat Penurunan Berat Badan

Mengkonsumsi protein membantu menjaga jaringan tanpa lemak dan berkontribusi pada pembakaran lemak. Diet tinggi protein yang kaya nutrisi seperti spirulina akan meningkatkan penurunan berat badan melalui berbagai mekanisme. Karena dibutuhkan lebih banyak energi untuk memetabolisme.

Cobalah mengkonsumsi spirulina protein tinggi di pagi hari atau siang hari, bukan di malam hari. Karena hal itu bisa menahan rasa lapar dan mengurangi potensi kelebihan berat badan. (sumber)

2. Spirulina Mengurangi Kolesterol

Sebuah penelitian pada kelinci baru-baru ini yang dipublikasikan oleh The Journal of Nutritional Science and Vitaminology dengan memberikan mereka makanan berkolesterol tinggi (HCD) selama empat minggu, dan kemudian memberi mereka HCD dengan spirulina 1 persen atau 5 persen untuk tambahan delapan minggu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manfaat spirulina plus dapat mencegah aterosklerosis dan menurunkan kadar kolesterol darah yang tinggi.

Setelah percobaan delapan minggu selesai, tingkat LDL menurun hingga 26 persen pada kelompok yang mengonsumsi 1 persen spirulina dan 41 persen di kelompok tersebut mengonsumsi spirulina 5 persen. (sumber)

3. Spirulina Dapat Meningkatkan Energi

decor-spirulinaMenurut Dr. Mehmet Oz, spirulina dan jeruk nipis dapat meningkatkan kinerja energi karena mereka mendegradasi gula dari sel. Ia merekomendasikan untuk menggabungkan 1 sendok teh bubuk spirulina plus dengan 12 ons jus jeruk nipis dan dibekukan.

Bila Anda melihat komposisi kimia spirulina, tak heran bila orang yang rutin mengonsumsinya memiliki banyak energi. (sumber)

4. Spirulina Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Peneliti Jepang mengklaim bahwa mengkonsumsi alga biru-hijau akan mengubah disfungsi endotel dalam sindrom metabolik.

Sindromemia metabolik merupakan salah satu penyebab utama penyakit yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, diabetes dan stroke.

Phycocyanin adalah pigmen yang ditemukan di spirulina memiliki efek antihipertensi (menurunkan tekanan darah). (sumber)

5. Spirulina Mengurangi Masalah Sinus

Dikenal sebagai rhinitis alergi, menurut sejumlah penelitian, spirulina bermanfaat bagi tubuh dengan mengurangi peradangan yang menyebabkan orang mengalami masalah sinus. Dibandingkan dengan percobaan plasebo, spirulina efektif dalam mengurangi gatal, pembengkakan hidung, hidung tersumbat dan bersin. (sumber)

6. Spirulina Men-detoks Logam Berat Terutama Arsenik

Peneliti Bangladesh mengungkapkan, “Jutaan orang di Bangladesh, India, Taiwan dan Cile mengkonsumsi arsenik konsentrasi tinggi melalui air minum, dan ribuan di antaranya telah berkembang menjadi keracunan arsenik kronis.”

Mereka mengevaluasi alternatif detoksifikasi melalui ganggang biru-hijau. Setelah memberi 24 pasien yang keracunan arsenik kronis dengan ekstrak spirulina  (250 miligram) ditambah seng (2 miligram) dua kali sehari. Hasilnya adalah 17 pasien mengalami penurunan arsenik 47 persen di tubuhnya. (sumber)

7. Spirulina Membantu Mencegah Kanker

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada April 2014, para ilmuwan Republik Ceko menunjukkan bahwa, selain kemampuannya untuk mengendalikan kadar kolesterol darah, “Spirulina juga kaya akan senyawa tetrapirrolika yang terkait erat dengan molekul bilirubin, antioksidan kuat dan agen anti-proliferatif.”

Ketika diuji pada sel pankreas manusia, para peneliti ini menemukan bahwa, “Dibandingkan dengan sel yang tidak diobati, terapi eksperimental secara signifikan mengurangi proliferasi sel kanker pankreas manusia secara in vitro dengan cara yang bergantung dosis.” Intinya, ini membuktikan bahwa mengkonsumsi spirulina tampaknya merupakan potensi pengobatan kanker alami.

Menurut University of Maryland Medical Center, “Sejumlah penelitian tentang tabung dan hewan menunjukkan bahwa spirulina meningkatkan produksi antibodi, protein penangkal infeksi, dan sel lain yang meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu menangkal infeksi dan penyakit kronis seperti kanker.”

Ini tidak mengejutkan karena lebih dari 70 artikel peer-review telah dipublikasikan dalam literatur ilmiah yang mengevaluasi kemampuan spirulina untuk mempengaruhi sel kanker.

 

Apakah Ada Efek Samping Spirulina?

Ada beberapa peringatan yang harus diperhatikan mengenai spirulina.

supplement Spirulina

Peringatan pertama adalah beberapa orang yang terlalu banyak minum spirulina telah melaporkan sakit perut. Jadi Anda harus tetap dengan dosis yang ditentukan dan jangan berlebihan. Selama Anda melakukan ini, spirulina seharusnya bebas efek samping.

Peringatan kedua menyangkut asal mula suplemen spirulina plus yang Anda beli.
Spirulina memiliki properti yang cukup menarik karena mampu menyerap ion logam berat  serta bakteri berbahaya, mikrokonsin, dan kontaminan lainnya.

Memang, penelitian di atas mengungkapkan gagasan penggunaan spirulina plus untuk mengobati terhadap keracuran limbah industri seperti arsenik. Spirulina mungkin bisa menghilangkan senyawa logam berat dari air limbah dengan menyerapnya.

Meskipun ini sangat menakjubkan – dan berpotensi bagus untuk tujuan pengolahan air yang aman dan ramah lingkungan – ini adalah kabar buruk jika Anda akhirnya membeli spirulina plus dari sumber yang salah.

Spirulina yang berasal dari perairan yang tercemar bisa menyerap kontaminan di lingkungannya. Hal ini sangat bermasalah di perairan sekitar China dan Jepang.

Mengkonsumsi spirulina yang terkontaminasi sangat berbahaya. Hal ini terutama berlaku untuk anak-anak, tapi juga berlaku untuk orang dewasa.

Gejala yang mungkin terjadi meliputi kerusakan hati, mual, muntah, sakit perut, haus dan detak jantung yang cepat. Dalam beberapa kasus, keracunan dari spirulina yang terkontaminasi bisa berakibat fatal.

Untuk alasan ini, sangat penting bahwa Anda membeli produk spirulina dari produsen tepercaya. Pastikan spirulina berasal dari air murni dan bersih yang bebas dari polutan beracun. Juga memastikan bahwa semua spirulina telah diuji dan dijamin bebas dari kontaminan.

Namun perlu diketahui bahwa orang tertentu harus menghindari spirulina:

  • Mereka yang sedang hamil atau menyusui (ini mungkin atau mungkin tidak aman; karena saat ini data tidak cukup, Anda mungkin ingin bermain aman)
  • Penderita multiple sclerosis (MS), lupus, rheumatoid arthritis, pemfigus vulgaris atau penyakit auto-immune lainnya.
  • Siapapun dengan fenilketonuria, yang merupakan kelainan metabolik langka. Juga dikenal sebagai “PKU”, kondisi ini menghambat tubuh untuk memecah asam amino yang dikenal sebagai “fenilalanin.” Jika fenilalanin diperbolehkan menumpuk, ia dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf dan otak.

Salah satu alasan mengapa spirulina tidak aman jika Anda hamil adalah mungkin bagi anak Anda untuk memiliki PKU di dalam rahim.

Jika demikian, Anda tidak akan tahu sampai anak Anda lahir dan diuji. Jadi jika Anda mengkonsumsi spirulina, dan anak Anda yang belum lahir memiliki PKU, itu bisa membahayakan kehidupan bayi Anda.

Alasan spirulina bermasalah bagi mereka yang memiliki penyakit auto-imun adalah merangsang sistem kekebalan tubuh.

Jika Anda memiliki kondisi dimana sistem kekebalan tubuh menyerang tubuh Anda sendiri, itu bisa membuat gejala Anda memburuk.

Sementara saya telah menyediakan sejumlah catatan peringatan di bagian ini, perlu dicatat bahwa bagi sebagian besar pengguna, spirulina plus aman, asalkan berasal dari sumber yang dapat dipercaya.

Baca juga: 7 Jenis Teh Pelangsing Terbaik | Penurun Berat Badan yang BAGUS CEPAT AMAN & AMPUH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *