Manfaat Terapi Pijat: Ini Studi Ilmiah nya!!

Terapi pijat telah digunakan selama berabad-abad.

Sebenarnya, salah satu manfaat terapi pijat memiliki tujuan untuk mendorong penyembuhan dengan mememperlancar aliran darah, mengurangi ketegangan, merangsang saraf serta melebarkan dan melonggarkan otot dan jaringan ikat agar tetap elastis.

Baca terus untuk mengetahui manfaat terapi pijat lainnya.

Terapi pijat ini bermanfaat karena mengurangi produk limbah seperti asam laktat dan karbonat yang terbentuk setelah aktivitas yang menyebabkan kram, ketidaknyamanan dan iritabilitas yang bisa terjadi setelah berolahraga di gym.

Dengan bantuan terapis, dia akan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu pemulihan jaringan dengan meningkatkan sirkulasi darah di daerah yang menderita.


 

Sejarah Dan Proses Terapi Pijat

Terapi pijat mungkin popular dalam beberapa tahun terakhir namun praktik terapi pijat dimulai dari zaman Hippocrates, the Father of Medicine. Dan itu sekitar 4000 tahun yang lalu.

Dalam referensi yang jelas untuk memijat, Hippocrates menulis di salah satu catatan medisnya bahwa dokter harus mengetahui praktik ‘urut urat’.

Popularitasnya bisa dilihat, bahwa Anda akan menemui banyak sekali tempat klinik terapi pijat telah membuka praktek dalam beberapa tahun terakhir.

Terapi pijat dalam istilah ilmiah adalah proses memberi tekanan pada struktur otot dan jaringan lunak di dalam tubuh untuk relaksasi.

Tekanan dalam hal ini bisa berarti banyak hal, mulai dari memegang dan menekan hingga menguleni dan mengayunkan. Pijat terutama dilakukan dengan tangan meskipun beberapa terapis pijat juga menggunakan bagian lain dari tubuh mereka seperti forearms, siku dan kaki.

Popularitasnya sebenarnya tidak mengejutkan apalagi dengan dunia yang penuh tekanan ini. Banyak orang beralih ke terapi pijat untuk relaksasi dan regenerasi.

Dan tidak seperti de-stressor lainnya, terapi pijat berbasis ilmiah dan kelebihannya semua terbukti penelitian. Selain manfaat fisiknya, ia juga dikenal untuk meningkatkan kesejahteraan dan pikiran secara keseluruhan.

Manfaat Terapi Pijat untuk Kesehatan 

Berikut adalah beberapa manfaat terapi pijat yang memberi kita.

1. Membantu Relaksasi Otot

Inilah alasan nomor satu mengapa orang kembali ke klinik. Setelah seminggu stres di kantor atau di rumah, orang terutama wanita, hanya ingin santai.

Saat tubuh terasa tegang dan stres, ia menghasilkan kadar hormon stres kortisol yang tidak sehat, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan, sulit tidur, masalah pencernaan, dan sakit kepala.

Manfaat Terapi pijat telah terbukti menurunkan kadar kortisol dalam tubuh. Ini memungkinkan tubuh memasuki mode pemulihan. Selain itu, bentuk terapi ini juga memicu perasaan relaksasi, mood membaik, dan tingkat stres yang rendah.

Pijat juga sangat bagus untuk kulit karena merangsang pelepasan toksin dan hormon. Bahkan, beberapa penelitian bahkan telah menunjukkan pijat karena mampu menurunkan kemungkinan keriput.

 

2. Manfaat Terapi Pijat Dapat Meredakan Rasa Sakit

Tujuan terapi pijat adalah untuk menargetkan sumber rasa sakit tubuh melalui menghilangkan otot tegang, meningkatkan fleksibilitas, dan memberikan relaksasi pada otot yang terkena serta tubuh secara keseluruhan.

Pijat juga mendorong sirkulasi ke otot yang terkena atau cedera, yang meningkatkan nutrisi dan oksigen ke jaringan yang rusak.

Pada akhirnya, aktivitas yang meningkat ini ke tempat yang terkena dampak mengurangi kekakuan dan edema (pembengkakan) pada otot dan sendi, serta meningkatkan fleksibilitas untuk membantu mengurangi rasa sakit.

Selain itu, bentuk terapi ini juga melepaskan endorfin (hormon pembunuh rasa sakit), yang meningkatkan kadar dopamin dan serotonin dalam tubuh.

Hormon ini membantu tubuh dalam banyak hal – secara fisik maupun emosional.

Contohnya, mereka mempromosikan penyembuhan, manajemen rasa sakit, dan perasaan euforia, serta membantu menenangkan saraf.

Manfaat terapi pijat juga dapat melonggarkan otot-otot yang ketat terutama jika Anda sering mengalami kram pada kaki Anda.

Pergi ke klinik juga bisa membebaskan Anda dari otot lelah dan sakit. Hal ini sangat berguna bagi orang-orang yang menyukai olahraga atau mereka yang menjalani gaya hidup aktif.

3. Dapat Membantu Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Terapi Pijat Dapat Membantu Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Image Source : Health24

Sesi pijat reguler memberi banyak manfaat bagi tubuh manusia. Ini adalah fakta yang terkenal bahwa individu yang mengalami tingkat stres tinggi lebih rentan terhadap penyakit dan cedera.

Bila stres dikombinasikan dengan gangguan tidur dan gizi buruk, dampaknya diarahkan pada sistem kekebalan tubuh.

Kemampuannya untuk secara alami melindungi diri terhadap infeksi, patogen, dan bakteri sangat berkurang.

Beberapa mungkin bertanya-tanya bagaimana terapi pijat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh.

Studi telah menunjukkan bahwa sesi pijat reguler tidak hanya membantu mengurangi stres, namun juga dapat meningkatkan kapasitas sitotoksik sistem kekebalan tubuh (tingkat aktivitas sel pembunuh alami alami tubuh) dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk memberikan makanan.

Selain itu, terapi pijat bisa menjadi tambahan yang bagus untuk setiap program olahraga. Sama seperti olahraga teratur dapat menjaga tubuh tetap baik, manfaat terapi pijat dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan tahan lama.


 

4. Tingkatkan Kemampuan Mental

Pijat juga merupakan cara bagus untuk meningkatkan kinerja mental Anda. Ini benar-benar dapat mengurangi tekanan mental, memungkinkan Anda bekerja lebih baik dan berpikir lebih jernih. Hal ini juga diketahui bisa meredakan sakit kepala.

Terapi pijat juga memungkinkan Anda berkonsentrasi lebih baik pada tugas yang ada. Setelah dipijat, pada dasarnya Anda akan memiliki batu tulis bersih di pikiran Anda yang setara dengan terapi tenang yang diberikan tidur.

5. Mengurangi Stres Dan Memperbaiki Postur Tubuh

Terapi pijat tidak hanya dapat membantu menghilangkan stres, tapi sesi pijat secara teratur dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan tingkat energi, mengurangi rasa sakit, dan merangsang individu pada tingkat fisik dan emosional.

Manfaat Terapi pijat bisa membantu mengembalikan tubuh ke keselarasan. Sebenarnya, memperbaiki postur tubuh seseorang bisa menjadi salah satu aspek terapi pijat yang paling menguntungkan dan santai.

Pijat memungkinkan tubuh untuk rileks dan melemaskan otot yang dibuat tegang dan sakit melalui postur tubuh yang buruk. Pada gilirannya, ini memungkinkan tubuh memposisikan dirinya dalam postur tubuh organik dan bebas rasa sakit.

Sebagai bagian dari program terapi pijat yang konsisten, otot-otot tubuh dilonggarkan dan rileks. Selain itu, sendi memiliki kebebasan yang lebih besar, fleksibilitas, jangkauan gerak, dan titik tekanan yang lega.

Akibatnya, tubuh mampu memposisikan dirinya dalam postur organik dan sehat. Singkatnya, manfaat terapi pijat membantu memperbaiki posisi dan gerakan yang berkembang dari waktu ke waktu sebagai reaksi terhadap rasa sakit.

6. Dapat Membantu Meningkatkan Sirkulasi Darah

Terapi Pijat Dapat Membantu Meningkatkan Sirkulasi Darah
Sirkulasi datah

Manfaat jangka panjang terapi pijat tidak boleh diremehkan. Peningkatan sirkulasi adalah bagian dari efek bola salju yang terjadi di tubuh akibat menerima terapi pijat secara teratur secara konsisten.

Ini karena sirkulasi yang tepat membawa otot yang rusak, kaku, dan tegang, suplai darah yang kaya yang dibutuhkan untuk meningkatkan penyembuhan.

Selain itu, pijat juga meningkatkan sirkulasi dengan menggunakan tekanan tangan, yang memindahkan darah melalui area tubuh yang rusak dan sesak. Pada gilirannya, pelepasan tekanan yang sama ini menyebabkan darah baru mengalir ke jaringan.

Selanjutnya, peregangan, memutar, dan aksi menarik dalam teknik pemijatan juga menghilangkan asam laktat dari jaringan otot. Akibatnya, tindakan ini memperbaiki sirkulasi cairan getah bening, yang membawa produk limbah metabolik dari organ dalam dan otot. Akhirnya, ini menghasilkan tingkat tekanan darah menurun dan memperbaiki keseluruhan fungsi tubuh.

Baca Juga: Massage Oil Aromatherapy: Minyak Pijat Yang Paling Terkenal Dan Sering Digunakan

 

 

Tinjauan Studi Tentang Terapi Pijat

Dalam upaya untuk memahami bagaimana dan mengapa terapi pijat sama efektifnya dengan yang terlihat, ilmuwan dan peneliti medis dari seluruh dunia telah mempelajarinya selama beberapa dekade.

Beberapa karakteristik terapi pijat telah disimpulkan secara meyakinkan dengan konsensus nyata di antara para ilmuwan terpelajar, sementara karakteristik lainnya tetap misterius.

Misalnya, mereka semua setuju bahwa bila sejumlah tekanan diberikan pada jaringan lunak seperti otot, beberapa perubahan terjadi pada otot yang terkena sakit.

Mereka juga semua cenderung setuju bahwa terapi pijat mempromosikan relaksasi dan mengurangi stres yang sering menyebabkan kemunduran atau memburuknya kondisi fisiologis tertentu.

Karakteristik terapi pijat yang belum dijelaskan oleh ilmu pengetahuan konvensional, memunculkan sejumlah teori dan postulat.

Anda akan mencatat bahwa mereka semua diawali dengan kata “mungkin” untuk menunjukkan ketidakpastian karena mereka menggambarkan kemungkinan manfaat kesehatan dari terapi pijat:

  • Mungkin memberikan stimulasi yang dapat membantu memblokir sinyal nyeri yang ditransmisikan ke otak dan ini disebut “teori kontrol gerbang” untuk mengurangi rasa sakit.
  • Mampu mempromosikan kesehatan yang lebih baik dengan merangsang sistem limfatik untuk meningkatkan aliran getah bening, yang merupakan sekresi yang membawa penyakit melawan sel-sel tubuh.
  • Reaksi fight-or-flight dari sistem saraf simpatik dengan tingkat jantung dan pernapasan yang meningkat bersamaan dengan ketegangan otot yang kencang, dan-pencernaan dari sistem saraf parasimpatis dengan jantungnya yang diperlamabat.

 

Studi tentang efek terapi pijat

Berikut ini adalah kasus spesifik dan manfaatnya yang dilaporkan studi tentang efek terapi pijat:

• Siswa di New Jersey Medical School yang diberi terapi pijat sebelum ujian menunjukkan sedikit memiliki kecemasan, tingkat pernafasan yang rendah, peningkatan sel darah putih yang substansial dan sistem kekebalan tubuh yang disempurnakan.

• Pasien kanker di Rumah Sakit Kanker James dan Research Institute di Columbus, Ohio mengalami sedikit rasa sakit dan kecemasan menurun setelah menerima terapi pijat daripada mereka yang tidak mendapatkan perawatan tersebut.

• Studi di University of South Carolina menunjukkan bahwa wanita yang baru saja kehilangan anak merasa kurang tertekan setelah terapi pijat.

• National Institutes of Health (NIH) menemukan bahwa manfaat terapi pijat meningkatkan penambahan berat badan pada bayi yang prematur atau orang yang terinfeksi HIV. Mereka juga menentukan bahwa terapi pijat mempercepat pemulihan pada pasien yang menjalani operasi perut.

• Periset di University of the Miami School of Medicine’s Touch Research Institute menemukan bahwa terapi pijat menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi sakit kepala migrain, dan umumnya meningkatkan kewaspadaan dan kinerja pada para pekerja.


 

KESIMPULAN

Khasiat terapi pijat
Image Source: Bellissimo

Jadi, apakah terapi pijat itu bermanfaat? Iya nih! Terapi pijat bermanfaat pada, oh, begitu banyak tingkatan. Mekanika prosesnya mungkin belum jelas, namun hasilnya tidak dapat dipungkiri oleh  siapa pun.

Jika Anda sakit, manfaat terapi pijat dapat melebarkan dan membuka pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi dan mengurangi kemacetan. Hal ini juga meningkatkan jumlah sel darah merah bagi mereka yang menderita anemia.

Terapi pijat juga bertindak sebagai pembersih mekanis yang mendorong sepanjang getah bening dan mempercepat penghapusan limbah dan zat-zat beracun. Ini juga membantu menghilangkan edema atau kejang pada ekstremitas.

Hal ini juga meningkatkan suplai darah dan nutrisi ke otot tanpa menambah beban asam toksik yang dihasilkan oleh kontraksi otot. Ini membantu Anda mengatasi kelelahan berbahaya akibat latihan atau cedera berat.

Ini juga akan memperbaiki tonus otot dan mencegah atau menunda atrofi otot akibat tidak aktif secara paksa. Hal ini juga dapat mengendurkan kejang otot dan mengurangi ketegangan.

Beberapa bentuk terapi pijat mampu memisahkan serat otot dan mengurangi atau mencegah pembentukan adhesi. Ini juga membentang jaringan ikat yang semuanya membantu mengurangi bahaya fibroid.

Percaya atau tidak, pijat bisa memecahkan kapsul lemak di jaringan subkutan sehingga lemak hancur dan diserap. Dikombinasikan dengan nutrisi dan olah raga yang tepat, ini bisa membantu orang menurunkan berat badan.

Terapi pijat juga meningkatkan ekskresi cairan melalui ginjal, nitrogen, fosfor anorganik dan garam pada individu normal. Tapi bagi mereka yang terluka, justru sebaliknya karena ini dibutuhkan untuk perbaikan jaringan.

Studi telah menunjukkan bahwa terapi pijat meningkatkan sirkulasi dan nutrisi sendi dan mempercepat pengleyapan partikel berbahaya pada cairan sinovial. Ini membantu mengurangi pembengkakan dan pembengkakan sendi sehingga mengurangi rasa sakit.

Terapi pijat meningkatkan sirkulasi umum dan nutrisi jaringan yang sering disertai dengan pertukaran zat antara sel darah dan jaringan sehingga meningkatkan metabolisme jaringan.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dengan Smart Detox

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *