Ginseng Merah Korea: Manfaat dan Efek Sampingnya

Secara tradisional, ginseng merah Korea digunakan sebagai jamu kesehatan. Manfaat ini akan berdampak pada seluruh tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan menghilangkan stres, meningkatkan stamina, memperpanjang daya tahan tubuh dan menumbuhkan perasaan sehat.

Ginseng adalah salah satu obat herbal paling terkenal di dunia. Bahkan, mereka yang tidak tahu persis tentang ginseng yang sering mereka dengar dan hanya tahu “itu baik untuk Anda”.

 

Apa itu Ginseng Merah Korea?

Ginseng adalah tanaman yang tumbuh di Asia. Kadang-kadang dikenal sebagai Ginseng Asia, ginseng Cina, atau panax ginseng. Ginseng Korea berbeda dengan ginseng Siberia atau ginseng Amerika. Mereka, ginseng Siberia dan ginseng Amerika, adalah tanaman yang berbeda untuk kebutuhan dan tujuan berbeda.

Akar ginseng digunakan sebagai obat alami. Ginseng harus tumbuh selama lima tahun sebelum digunakan. Ini biasanya berarti penanaman ginseng yang lebih tua, adalah kualitas lebih yang Anda dapatkan dan ginseng berkualitas tinggi memiliki harga tinggi. Akar kering tapi tidak diolah disebut ginseng putih. Akar yang telah dikukus dan dikeringkan disebut ginseng merah.

Nutrisi di dalam ginseng adalah vitamin, asam amino, minyak esensial, enzim alami dan mineral alami. Dengan mengandung mineral alami, ginseng akan memberikan berbagai nutrisi bermanfaat bagi tubuh.

 

 

Manfaat untuk Kesehatan

Sejumlah manfaat kesehatan dapat diperoleh dengan meminum ginseng setiap hari, dosis yang seperti yang direkomendasikan oleh penyedia layanan kesehatan. Ini adalah ramuan ajaib yang mengatasi hampir semua masalah yang terkait dengan sistem tubuh manusia.

1. Sumber antioksidan, ginseng adalah detoxifier yang populer. Ini membantu tubuh menyingkirkan radikal bebas, yang menyebabkan sejumlah penyakit jika ada dalam sistem. Ekstrak herbal ini melindungi organ dari kerusakan, yang mungkin disebabkan karena merokok, polusi udara, paparan berlebihan terhadap matahari dan stres dll. Ini juga bertindak sebagai perisai untuk sel-sel otak terhadap oksidasi.

2. Manfaat ekstrak ginseng adalah mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular. Ini membantu mengurangi tingkat kolesterol jahat (atau LDL), yang bertanggung jawab untuk sejumlah masalah seperti hipertensi, penyumbatan arteri dll. Ini juga membantu meningkatkan HDL (atau kolesterol baik) di dalam tubuh.

Manfaat Ginseng Merah Korea

3. Minum teh yang telah diinfuskan dengan ginseng dikenal untuk menenangkan saraf dan meredakan ketegangan. Meningkatkan konsentrasi, meningkatkan daya memori, membantu tubuh mengatasi stres dan melawan gejala depresi adalah beberapa efek terkenal dari teh ginseng.

Baca juga : 5 Merk Teh Hijau Yang Bagus Untuk Diet

4. Ginseng dapat memicu produksi sel darah putih di dalam tubuh, yang pada gilirannya meningkatkan kekebalan. Ini juga merangsang tubuh untuk melawan penyakit menular. Ramuan ini juga dikenal untuk mengekang pertumbuhan sel yang tidak sehat, yang dapat menyebabkan kanker.

5. Manfaat ginseng merah Korea lainnya, terutama bagi wanita adalah mengontrol gejala menopause dengan merangsang estrogen. Ini juga membantu mengobati ketidakseimbangan hormon dan sejumlah gejala lain yang dialami oleh wanita selama menopause.

6. Efek positif penting lainnya dari ginseng merah pada tubuh dapat dilihat sebagai memerangi diabetes dengan mengendalikan gula darah, melawan peradangan otot, yang dapat menyebabkan radang sendi, dan mempercepat penyembuhan cedera tulang dengan menyimpan kalsium dalam tulang. sel induk sumsum dll.

 

Peran Ginseng Merah Korea dalam Menurukan Berat Badan

Ginseng secara mengejutkan bekerja sangat baik sebagai penekan nafsu makan alami dan dapat meningkatkan metabolisme Anda, yang keduanya membantu menurunkan berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa ginseng dapat menjadi bantuan yang signifikan dalam manajemen obesitas. Satu studi pada tikus menyimpulkan panax ginseng memiliki peran anti-obesitas yang vital.

 

Dosis harian yang direkomendasikan

Dosis umum adalah 200 miligram setiap hari dari ekstrak yang mengandung 4 persen hingga 7 persen ginsenosides, yang merupakan bahan aktif, menurut NYU Langone Medical Center.

The Tang Center for Herbal Medicine Research melaporkan bahwa dosis 600 miligram yang dianjurkan untuk diminum sebanyak tiga kali sehari.

Menentukan dosis terbaik adalah sulit karena setidaknya 20 ginsenosides yang berbeda telah diidentifikasi, dan mereka memiliki efek yang berbeda. Karena campuran ginsenosides bervariasi dari satu produk ke produk berikutnya, suplemen berbeda yang mengandung jumlah ginseng yang sama mungkin tidak memberikan tingkat efektivitas yang sama.

 

Tindakan Pencegahan – Siapa Yang Harus Menghidari

Jangan meminum ginseng jika Anda hamil karena salah satu bahan kimianya dapat menyebabkan cacat lahir, menurut MedlinePlus. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum meminum ginseng jika Anda minum obat atau menderita diabetes, masalah dengan pembekuan darah, kondisi sensitif hormon seperti kanker payudara dan endometriosis atau penyakit auto-imun.

Ketika diminum dalam dosis tinggi, minuman ini bisa membuat Anda sulit untuk tidur. Insomnia ini dapat menyebabkan agitasi pada orang dengan skizofrenia. Seperti kafein, ginseng menstimulasi sistem saraf Anda.

Efek Samping

Selain semua manfaat kesehatan, ada kemungkinan efek samping dalam penggunaan ginseng merah Korea. Mungkin dalam penggunaan jangka pendek dianggap aman bagi kebanyakan orang.

Namun dalam jangka panjang mungkin bisa mempengaruhi tubuh Anda. Salah satu gejala umum efek samping ginseng adalah insomnia. Karena beberapa orang merasakan hal ini. Dan inilah efek samping lainnya:

1. Masalah menstruasi
2. Peningkatan denyut jantung
3. Peningkatan tekanan darah
4. Sakit kepala
5. Diare
6. Pusing
7. Timbul bintik-bintik merah pada kulit

Dosis yang tepat seperti yang direkomendasikan oleh buku, “Prescription for Nutritional Healing,” ginseng harus diminum selama 15 hingga 20 hari, diikuti dengan waktu istirahat dua minggu. Meminum 250 hingga 500 miligram per hari dianjurkan selama periode dosis.

Penggunaan produk dalam jangka panjang dan dosis tinggi harus dihindari. Jadi, itu semua tentang manfaat kesehatan ginseng merah korea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *