Manfaat Akupuntur Terhadap Penurunan Berat Badan dan Kesehatan

Sebelum memulai diskusi tentang manfaat akupuntur, mari kita bicara tentang asal-usul akupuntur.

Ini pertama kali digunakan di China lebih dari 2000 tahun yang lalu, dan merupakan salah satu prosedur medis tertua di dunia.

Ini adalah prosedur yang merangsang anatomi tubuh dan membantu menyeimbangkan aliran energi ke seluruh tubuh.

Ini adalah jenis akupuntur yang dipraktekkan di dunia saat ini, melalui penggunaan jarum kecil metalik yang ditempatkan di area yang terkena dan dimanipulasi dengan tangan atau dengan stimulasi listrik.

Akupuntur adalah fondasi dasar untuk Pengobatan Tradisional Cina dan didasarkan pada keyakinan bahwa ada dua kekuatan yang saling bertentangan dan tidak dapat dipisahkan dalam tubuh kita.

Mereka dikenal sebagai Yin dan Yang dari seluruh manusia. Yin mewakili prinsip dingin, lambat, atau pasif, dan Yang mewakili prinsip panas, bersemangat atau aktif. Kondisi yang sehat dicapai dengan mempertahankan keseimbangan keadaan yin dan yang.

Ini dilakukan melalui jalur vital atau meridian yang memungkinkan aliran qi, atau energi vital.

Aliran energi vital terjadi di sepanjang jalur yang dikenal sebagai meridian. Meridian ini menghubungkan lebih dari 2.000 titik akupuntur di sepanjang tubuh.

Ada 12 meridian utama, dan 8 meridian sekunder. Meskipun pengobatan barat tradisional tidak sepenuhnya memahami bagaimana akupuntur bekerja, bukti bahwa itu berhasil telah ditunjukkan dalam beberapa penelitian yang dilakukan oleh fasilitas medis barat.


 

Manfaat Akupuntur Terhadap Kesehatan

Sekarang, mari kita beralih ke pertanyaan apakah itu berfungsi? Menurut National Institute of Health, jawabannya adalah ya.

Manfaat akupuntur telah terbukti efektif di banyak bidang perawatan kesehatan.

Area seperti mual pasca operasi, efek samping kemoterapi, osteoartritis, nyeri pinggang, sakit kepala, kram menstruasi, kecanduan, sindrom terowongan karpal, dan asma, hanya untuk beberapa nama.

Studi ini mengungkapkan bahwa manfaat akupuntur mampu meredakan rasa sakit, meningkatkan fungsi dan mobilitas sendi karena peradangan arthritis, dan disajikan untuk melengkapi perawatan standar.

1) Khasiat Akupuntur Membantu Mengurangi Nyeri Kronis

Nyeri kronis mempengaruhi sekitar 20% orang dewasa secara global. Penggunaan obat penghilang rasa sakit yang adiktif menjadi sangat bermasalah.

Akupuntur tampaknya lebih efektif pada manajemen nyeri tanpa efek samping dan bahkan dapat membantu pasien melepaskan diri dari kecanduan obat.

2) Fungsi Akupuntur Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat akupuntur efektif untuk meningkatkan kualitas dan durasi tidur.

Akupuntur mengarah ke otak dan perubahan hormonal yang dapat meningkatkan tidur. Ini menurunkan aktivitas metabolisme dan detak jantung (peningkatan sistem parasimpatetik, penurunan sistem simpatik).

 

3) Kegunaan Akupuntur dapat Meningkatkan Suasana hati

Manfaat akupuntur dapat menginduksi pelepasan serotonin dan endorphin neurotransmitter di otak, meningkatkan mood.

Dalam penelitian pada hewan, manfaat akupuntur dapat memperbaiki gangguan terkait mood (dengan meningkatkan NPY di hippocampus).

4) Mannfaat Akupuntur Dapat Mengobati Sakit Kepala dan Migren

Perawatan akupuntur tampaknya menjadi pengobatan yang efektif untuk sakit kepala dan migrain.
Menambahkan akupuntur ke perawatan lain (standar perawatan) mengurangi frekuensi serangan migrain.

Namun, dalam studi klinis, manfaat akupuntur untuk sakit kepala dan migrain memiliki hasil yang bertentangan.

5) Akupuntur Dapat Mengurangi Peningkatan Tekanan Darah Disebabkan oleh Stres

Stres meningkatkan tekanan darah

Dalam eksperimen, akupuntur di kedua acupoints dan non-acupoints sangat menurunkan tekanan darah sebagai respon terhadap tekanan mental (aritmatika mental dan tes kata warna Stroop) pada manusia.

Satu penjelasan untuk pengurangan tekanan darah adalah akupuntur yang menstimulasi neuron sensorik di otot.

Stimulasi ini dari sistem saraf menginduksi pelepasan opioid endogen, yang memiliki efek pada jantung (sistem kardiovaskular).

Selain itu, manfaat akupuntur juga mengurangi stres dengan meningkatkan aktivitas parasimpatik dan menurunkan aktivitas simpatik.

 

Akupuntur Telinga Dapat Membantu Penurunan Berat Badan

Manfaat akupuntur untuk telinga banyak digunakan di negara-negara Barat untuk menurunkan berat badan.

Pusat saraf yang mengatur kekenyangan (nuklei ventromedial dari hipotalamus) otak dapat dirangsang untuk mengurangi rasa lapar.

Untuk efek terapi penurunan berat badan, stimulasi saraf vagal meningkatkan kadar serotonin. Stimulasi ini mempengaruhi otot-otot halus di perut, yang menyebabkan penekanan nafsu makan.

Serotonin juga dapat meningkatkan motilitas usus, mengurangi kecemasan, dan memobilisasi cadangan energi tubuh (efek lipolitik), yang berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

Dalam penelitian kontrol secara acak, stimulasi akupunktur aurikularis bilateral pada subjek yang sehat dan tidak keropos menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan.

 

 

Berapa banyak sesi Akupuntur yang Anda butuhkan?

Jumlah sesi tergantung pada kesehatan setiap orang. Sama seperti kebugaran fisik, semakin baik bentuk Anda semakin cepat menjadi bugar.

Akupunktur dapat membantu kesehatan yang lebih baik untuk tetap fit: metabolisme, keseimbangan insulin, dan kesehatan mental Anda.

Meskipun ada banyak yang meragukan efektivitas akupuntur, pasien adalah orang percaya. Telah dibuktikan bahwa akupuntur bekerja dan menghasilkan efeknya melalui pengaturan sistem saraf.

Teori ini membuktikan bahwa karena akupuntur menghasilkan efeknya melalui pengaturan sistem saraf, ia menginduksi pelepasan endorfin dan sel-sel sistem kekebalan di lokasi tertentu di tubuh.

Ada juga teori bahwa akupuntur mengubah kimia otak dengan mengubah neurotransmiter di otak.

Tanpa ragu akupuntur adalah manfaat dalam penelitian ini, dan sebagai pasien, saya dapat menjamin efek luar biasa yang telah ada di punggung saya.

Meskipun akupuntur diklasifikasikan sebagai terapi pengobatan alternatif, dan masih banyak yang harus dipahami tentang cara kerjanya, itu adalah bantuan yang terbukti dalam menjaga kesehatan yang optimal.

Tetapi bagaimana dengan individu yang sehat, dapatkah akupuntur memberikan manfaat bagi mereka? Benar.

Karena akupuntur bekerja dari keyakinan bahwa kita harus menjaga keseimbangan aliran energi vital kita agar tetap sehat.

Manfaat akupuntur sebagai alat untuk penataan kembali. Aliran energi vital kita bisa tidak seimbang, dan kita masih merasa dan tampil cukup sehat.

Dalam kapasitas inilah manfaat akupuntur terhadap penurunan berat badan dan  kesehatan  sebagai semacam obat pencegahan.

Memeriksa dan menyeimbangkan aliran energi pada titik meridian di tubuh Anda seperti mobil Anda menerima tune-up sebelum membutuhkan perbaikan.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dengan Smar Detox

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *