Latihan Aerobik Untuk Kebugaran Dan Menurunkan Berat Badan

Tidak peduli siapa Anda di dunia, tubuh Anda membutuhkan latihan aerobik. Tubuh yang sehat dan gaya hidup yang berkualitas membutuhkannya.

Ini memiliki banyak kelebihan dan akan membantu Anda tampil lebih besar dalam semua aspek kehidupan Anda.

Implementasi paru-paru yang lebih efektif dengan meningkatkan oksigen yang diangkut ke paru-paru dan jantung menggunakan oksigen ini lebih efisien adalah beberapa keuntungan dari latihan aerobik.

Menurunkan berat badan dengan smart detox
Sponsor by Smart Detox
Info Lanjut KLIK DISINI

Apa itu Aerobik?

Bayangkan diri Anda berolahraga. Apakah Anda mengangkat beban berat? Meregangkan otot-otot Anda?

Atau mungkin Anda melakukan aktivitas yang menyebabkan Anda berkeringat dan bernapas dengan keras yang membuat darah Anda memompa melalui pembuluh darah Anda karena membawa oksigen ke otot-otot Anda untuk membuat Anda terus berjalan.

Jika Anda melakukan aktivitas terakhir ini, maka Anda terlibat dalam latihan aerobik.

Latihan aerobik adalah setiap aktivitas fisik yang membuat Anda berkeringat, menyebabkan Anda bernapas lebih keras, dan membuat jantung Anda berdetak lebih cepat daripada saat istirahat.

Hal ini memperkuat jantung dan paru-paru Anda dan melatih sistem kardiovaskular Anda untuk mengelola dan mengirimkan oksigen lebih cepat dan efisien ke seluruh tubuh Anda.

Latihan aerobik menggunakan kelompok otot besar Anda, bersifat ritmik, dan dapat dipertahankan terus menerus setidaknya selama 10 menit.

Sebelum membahas manfaat latihan aerobik, mari kita menguraikan beberapa istilah kunci yang baru saja kita sebutkan.

Sistem kardiovaskular terdiri dari jantung dan pembuluh darah Anda, misalnya arteri, vena, dan kapiler yang mengangkut darah ke seluruh tubuh.

Aerobik mengacu pada bagaimana tubuh Anda menggunakan oksigen untuk memenuhi kebutuhan energi selama berolahraga.

 

 

Manfaat Aerobik

Selain memperkuat sistem jantung dan kardiovaskular Anda, partisipasi dalam latihan aerobik teratur memiliki banyak manfaat kesehatan. Latihan aerobik:

  • Memperbaiki sirkulasi Anda dan membantu tubuh Anda menggunakan oksigen lebih baik
  • Meningkatkan energi
  • Meningkatkan daya tahan, yang berarti Anda dapat berolahraga lebih lama tanpa merasa lelah
  • Membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung
  • Membantu mengurangi risiko terkena diabetes
  • Mengurangi lemak tubuh
  • Membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat
  • Membantu mengurangi stres, ketegangan, kecemasan, dan depresi
  • Memperbaiki tidur

Satu hal yang pasti, hanya dalam beberapa bulan pelatihan aerobik, Anda akan melihat penurunan lemak tubuh Anda pada tingkat yang baik. Anda akan terlihat baik dan merasa energik.

Beberapa penelitian telah menunjukkan berbagai manfaat latihan aerobik yang berkaitan dengan perlindungan dari penyakit jantung dan pembuluh darah.

Manfaat lain yang diketahui dari latihan aerobik termasuk pengurangan masalah kesehatan mental seperti kecemasan, depresi dan stres. Latihan aerobik memberi Anda energi dan stamina yang sangat dibutuhkan dan dengan demikian meningkatkan suasana hati Anda.

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa berjalan tiga sampai lima hari per minggu selama 30 menit per latihan mengurangi skor pada kuesioner depresi sebesar 47% setelah dua belas minggu.

 

Mengapa Aerobik Untuk Mengurangi Berat Adalah Cara Terbaik?

Latihan aerobik yang terutama dikenal sebagai latihan kardiovaskular atau latihan pembakaran lemak adalah gerakan ritmis dari lebih dari satu kelompok otot dalam tubuh.

Alasan mengapa latihan aerobik juga dikenal sebagai latihan pembakaran lemak adalah bahwa potensinya menggunakan lemak lebih banyak dari karbohidrat sebagai bahan bakar untuk membuat Anda bergerak selama latihan.

 

9 Latihan Aerobik Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Berikut ini adalah aktivitas fisik yang direkomendasikan untuk orang dewasa yang sehat dengan Pedoman Aktivitas Fisik 2008 untuk orang Amerika.

1. Latihan Aerobik dengan Berjalan

Image Credit : Pexels

Perjalanan seribu mil dimulai dengan satu langkah – dan ini juga berlaku saat latihan.

Jalan kaki adalah cara yang bagus untuk mulai berolahraga dan terjadi begitu saja bahwa itu adalah sesuatu yang sudah kita lakukan setiap hari dengan jumlah yang bervariasi-Diakui, bagi banyak dari kita, mungkin tidak cukup.

Sebagian besar dari kita mendapatkan setidaknya 30 menit berjalan sehari.

Berjalan adalah aktivitas berdampak rendah yang dapat memberikan banyak manfaat dari latihan aerobik. Aman dan memiliki banyak manfaat kesehatan.

2. Bersepeda

Anda pikir bersepeda untuk anak-anak? Yah, sekarang tidak lagi! Banyak olahragawan dan pelatih olahraga bersumpah dengan efek penguatan bersepeda.

Ini adalah cara yang menyenangkan untuk menjadi bugar tanpa merusak sendi Anda. Bersepeda setiap hari selama 30 menit membuat otot kaki Anda kuat dan menambah vitalitas dan kelenturan lebih untuk kepribadian Anda.

Jika Anda ingin meningkatkan efeknya, Anda dapat menaiki bukit menggunakan sepeda Anda. Namun, disarankan untuk memulai perlahan-lahan terlebih dahulu dan kemudian meningkatkan jarak dan durasi Anda.

3. Jumping Rope

Permainan bermain anak-anak favorit Anda sebenarnya adalah latihan aerobik yang luar biasa.

Karena lompat tali dapat dilakukan di dalam ruangan, ini adalah latihan kardiovaskular sepanjang tahun yang sempurna – kecuali untuk satu kondisi.

Melompat adalah aktivitas aerobik berdampak tinggi — jadi siapa pun yang memiliki masalah ortopedi harus menghindari latihan ini.

Selain itu, lompat tali adalah latihan kardiovaskular yang luar biasa untuk memperkuat jantung, paru-paru dan seluruh tubuh.

Tergantung pada kecepatan, ukuran dan intensitas Anda, Anda dapat membakar hingga 670 kalori melompat selama satu jam.

Dapatkan setidaknya 100 putaran per menit untuk mendapatkan hasil maksimal dari lompatan Anda.

Bagian terbaiknya adalah Anda bahkan tidak memerlukan peralatan mewah.

Anda dapat melakukannya dengan benar di garasi atau halaman belakang dengan lompatan lompatan  10 kali. Ini sebagus kardio yang Anda dapatkan dari treadmill mewah.

4. Berlari turun-naik di Tangga

Running-Up-Stairs

Bentuk lain yang mudah dari latihan aerobik beresiko rendah adalah berjalan naik dan turun tangga.

Pusat latihan atau pusat kebugaran Anda mungkin tidak memiliki tangga, tetapi pasti harus memiliki Stairmaster, yang membuat latihan jauh lebih menyenangkan daripada berjalan di atas treadmill.

Anda dapat dengan mudah melakukan latihan ini tanpa pergi ke gym, dengan menaiki tangga selama beberapa menit setiap hari.

Banyak atlet menggunakannya sebagai latihan pemanasan untuk mempersiapkan tubuh untuk latihan berdampak tinggi.


 

5. Menari

Cardio tidak harus menjadi lari yang ditakuti di treadmill atau elliptical.

Anda bisa bersenang-senang sambil membakar kalori besar dan mulai bugar. Menari dapat membantu 150 pon orang membakar 396 kalori kekalahan.

Untuk tarian aerobik seperti Zumba, Hip Hop dan Salsa, jumlahnya bahkan lebih baik. Dapat membakar hingga 443 kalori per jam.

Dan ya, pesta dansa yang penuh keramaian pada Sabtu malam benar-benar dihitung.

Jadi jika Anda sakit dan lelah berjalan dan bersepeda, pergilah berdansa. Ini baik untuk jantung Anda (secara harfiah!), Kesehatan dan penurunan berat badan.

 

6. Olahraga air

Aerobik air adalah latihan kardiovaskular low-impact yang sempurna yang mengambil tekanan dari tulang, sendi dan otot Anda.

Airnya menawarkan ketahanan alami, yang membantu memperkuat otot-otot Anda serta merelaksasinya.

Anda bahkan tidak perlu tahu cara berenang untuk melakukan olahraga air. Anda bisa mulai dengan berjalan di air.

Pastikan airnya tidak terlalu dalam dan tingginya sekitar pinggang. Berjalanlah menyeberangi kolam sambil mengayunkan lengan seperti yang biasa Anda lakukan saat berjalan di darat.

Anda harus menghindari berjinjit, dan menjaga punggung tetap lurus.

Kencangkan otot perut Anda untuk menghindari condong terlalu jauh ke depan atau ke samping, kata Mayo Clinic.

Jika Anda kesulitan berjalan di air, cobalah sepatu air karena mereka dapat membantu Anda mempertahankan traksi di dasar kolam.

7. Berenang

Image credit @ pexels

Berenang adalah latihan aerobik yang sangat baik dan aktivitas berdampak rendah, sehingga ideal bagi mereka yang memiliki masalah ortopedi yang ingin tetap aktif.

Berenang juga bagus untuk menurunkan berat badan.

Orang dengan berat badan 130 pon berenang dengan cepat selama satu jam dapat membakar hingga 590 kalori dan 413 kalori dengan kecepatan sedang, kata Ryan Wood, seorang penulis untuk Active.com.

Karena berenang adalah olahraga aerobik dampak rendah, netralnya pada area masalah umum seperti punggung bawah dan lutut, menjelaskan Ryan.

Meskipun ini bentuk kardio yang lebih lembut, masih sangat disarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program berenang.


 

8. Berlari

Berlari jauh lebih menuntut secara fisik daripada aktivitas aerobik lainnya seperti berjalan kaki, bersepeda, dan berenang karena merupakan aktivitas berdampak tinggi yang menggunakan kelompok otot besar.

Pada satu titik dalam langkah Anda, kedua kaki terlepas dari tanah, dan Anda mendarat dengan satu kaki pada satu waktu, mendorong tubuh Anda ke depan.

Ini sangat menekankan pada lutut Anda, dan punggung bawah.

Dengan itu dikatakan, menjalankan membakar banyak kalori. Dan untuk itu, sering menjadi pilihan utama aktivitas bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan dan membakar sebanyak mungkin kalori.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa berlari pada intensitas sedang hingga tinggi meningkatkan metabolisme Anda hingga tiga jam setelah latihan, yang membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Ini hanya membuatnya lebih menarik sebagai rencana penurunan berat badan.

Lari juga bisa dilakukan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

 

 

9. Mendayung

Mendayung adalah salah satu latihan aerobik terbaik yang dapat Anda lakukan — Bahkan, sulit untuk menemukan peralatan latihan kardio lain yang dapat bekerja sekuat dayung dalam ruangan, kata Brian Dalek.

Berlawanan dengan kepercayaan populer, mendayung membutuhkan upaya yang sama baik dari tubuh bagian atas dan bawah Anda, yang menjadikan aktivitas ini sebagai latihan kebugaran kardiovaskular yang ekstrem.

Mendayung juga merupakan latihan penurunan berat badan yang hebat.

Menurut Harvard Health, seseorang dengan berat badan 125 pound dapat membakar 420 kalori per jam dayung dengan kecepatan sedang dan 510 kalori dengan intensitas yang kuat. Hal ini menjadikan latihan mendayung sebagai pilihan ideal untuk menurunkan berat badan.

Dibandingkan berlari, mendayung lebih lembut di lutut dan pinggul.

Tidak akan terlalu banyak tekanan pada lutut dan sendi pinggul Anda, dan untuk itu, mendayung adalah latihan yang ideal bagi orang-orang dari segala usia dan ukuran yang mencoba untuk mendapatkan bentuk tubuh.

Baca jugaManfaat Yoga Untuk Fisik, Mental Dan Spiritual Anda


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *