Khasiat Teh Puerh dan Cara Penyajiannya

Apa itu Teh Puerh? dan Bagaimana Teh Puerh Diproses

Teh Pu-erh (diucapkan POO-air) adalah bentuk teh yang paling teroksidasi, dan terkadang sangat mahal. Karena khasiat teh Puerh, seperti membuat anggur, teh ini dibiarkan membasi seiring berjalannya waktu akan semakin baik.

Beberapa teh pu-erh lebih dari 50 tahun, dan teh puerh langka dijual seharga ribuan dolar di toko-toko khusus Asia.

Teh Pu-erh berasal dari Provinsi Yunnan di China dan diberi nama sebuah kota di Yunnan selatan. Teh ini sangat dihargai di China dimana metode pengolahannya telah menjadi rahasia yang dijaga ketat selama berabad-abad.


Rasa khas Puerh berasal dari fakta bahwa setelah daun dipetik, bahan dasar teh yang disebut maocha di buat dengan pengeringan sinar matahari dan kemudian difermentasi. Setelah itu, daunnya sudah berumur dan kemudian dikemas menjadi batu bata atau kue.

 

Bagaimana Teh Puerh Diproses
Image Source: banateacompany

Dua jenis teh, Shu dan sheng puer keduanya berasal dari maocha, yang intinya daun teh dikering kan dengan matahari.

Daun kering disimpan sebagai bahan baku atau langsung digunakan untuk produksi.

Untuk membuat sheng puer, maocha dikukus dan ditekan menjadi kue, batu bata, sarang, dan bentuk lainnya.

Maocha juga bisa direndam dalam air selama sekitar satu minggu untuk memulai fermentasi alami. Proses pembuatan shu nifer sangat berbeda. Daun teh besar dan kuncup ditumpuk bersama di ruangan besar atau wadah.

Setelah sejumlah air ditambahkan ke tumpukan, suhu ruangan meningkat dan berubah sesuai untuk menyesuaikan proses fermentasi. Mikroorganisme termofil kemudian mulai mengerjakan sihir mereka pada teh dengan mengubah komposisi warnanya, tekstur, dan kimia.

Karena sangat teroksidasi, pu-erh memiliki kandungan antioksidan lebih rendah daripada teh putih atau hijau. Namun orang China mengkreditnya dengan banyak manfaat kesehatan, terutama membantu penurunan berat badan, pengurangan kolesterol serum, dan perlindungan kardiovaskular.

 


 

Apa Khasiat Teh Puerh Untuk Kesehatan & Kecantikan?

Tidak banyak penelitian ilmiah pada Khasiat teh puerh, jadi kita tidak tahu seberapa valid klaim terhadap kesehatan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa khasiat teh puerh dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung, namun hal ini belum dikonfirmasi pada manusia.

Sebuah penelitian di China yang dilakukan pada tikus dan diterbitkan pada tahun 2009 menunjukkan penurunan kadar kolesterol dan trigliserida LDL (“buruk”) setelah hewan diberi makan ekstrak teh pu-erh, bersamaan dengan peningkatan HDL (kolesterol baik).

Kita tahu bahwa teh, secara umum, bersifat protektif terhadap penyakit jantung dan kanker. Kemungkinan khasiat teh pu-erh memiliki efek yang sama.

Teh Pu-erh Dapat Memngurangi Kolesterol LDL

Sebuah penemuan yang mengejutkan terhadap manfaat kesehatan dari studi baru dengan teh pu-erh. Penuaan mikroba teh puerh dapat menghasilkan produksi lovastatin dalam jumlah kecil, statin alami.

Dalam bentuk sintetis, lovastin biasa digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi. Penelitian tambahan telah menunjukkan bahwa penggunaan teh pu-erh dalam jumlah yang tepat memiliki potensi untuk menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik).

Ada juga beberapa kasus dimana penggunaan pu-erh secara ekstensif telah menghasilkan penurunan hampir 100 poin pada tingkat kolesterol. Perlu diketahui, jika Anda memiliki kondisi medis seperti kolesterol tinggi, berkonsultasilah dengan dokter Anda dan ikuti pentunjuk pengobatan.

 

Teh Pu-erh Dapat Membersihkan Darah Kotor

Khasiat teh puerh dianggap dapat membuka meridian, dalam ramuan tradisional Tiongkok, khasiat Teh puerh juga menghangatkan limpa dan perut dan bermanfaat untuk ‘pembersihan darah’ dan pencernaan.

Banyak hal yang ditemukan dalam makanan kita, bahkan makanan sehat, mengandung asam dan radikal bebas lainnya yang bisa terbentuk di tubuh dari waktu ke waktu.

Endapan ini kemudian ditransfer ke seluruh tubuh dalam darah, sehingga khasiat teh puerh untuk membantu membersihkan darah dari racun.

Mikroorganisme dan gula sederhana yang unik yang dihasilkan dari proses fermentasi pu-erh telah terbukti menyerang racun dalam darah, mengeluarkannya dari tubuh dan menciptakan kesehatan Anda.

Teh Puerh Mengurangi Stres dan Memperbaiki kualitas Tidur

Sementara teh pu-erh mengandung kafein, mungkin aneh rasanya teh ini akan membantu kualitas tidur. Namun meskipun terdapat kafein, teh ini mengandung GABA dan theanine, khasiat teh puerh yang telah terbukti mengurangi tingkat stres dan meningkatkan produksi melatonin alami di otak, mengakibatkan penurunan stres, mood lebih stabil dan memperbaiki pola tidur.

Teh Puerh  Merupakan Alat Bantu Dalam Pencernaan

Perut dan usus memecah makanan melalui kombinasi asam dan bakteri sehat. Mikroorganisme yang hadir dalam teh pu-erh terbukti meningkatkan flora bakteri yang sehat di perut dan usus, yang dapat membantu mencerna makanan.

Untuk alasan ini, telah ditemukan manfaat mengkonsumsi teh pu-erh setelah makan berat untuk membantu pencernaan yang lebih baik.

 

 

Khasiat Teh Puerh Dalam Pencegahan Penyakit

Seperti kebanyakan teh, Pu-Erh telah terbukti mengandung antioksidan dan sifat anti-inflamasi. Antioksidan adalah bahan kimia phyto alami yang membantu tubuh melawan molekul radikal bebas dan mencegah penyakit.

Antioksidan yang ditemukan dalam pu-erh sering berada dalam konsentrasi yang lebih tinggi daripada kebanyakan teh lainnya karena proses fermentasi yang dialami teh sebelum dikosumsi.

Teh Pu-erh menbantu dalam Penurunan Berat Badan

Penelitian telah menunjukkan bahwa khasiat teh pu-erh sebagai teh pelangsing secara signifikan menekan sintesis asam lemak (FAS). Ini berarti bahwa hal itu dapat secara harfiah menghalangi tubuh Anda memproduksi lebih banyak lemak.

Selain itu, kafein yang ditemukan di pu-erh memicu tubuh Anda untuk mengeluarkan hormon epinefrin dan norepinephrine yang terbukti meningkatkan mobilisasi asam lemak yang tersimpan dalam sel lemak.

Hal ini memungkinkan tubuh Anda untuk memiliki akses yang lebih mudah untuk menggunakan asam lemak yang tersimpan sebagai bahan bakar (dan tidak menyimpannya di perut Anda).

Terakhir, pu-erh telah terbukti secara klinis meningkatkan kadar hormon lipase (HSL) tingkat sel yang secara efektif menghambat akumulasi lemak viseral. HSL adalah enzim penting yang “membuka” sel lemak untuk digunakan sebagai energi.

Perlu di ingat bahwa, teh pu-erh bukan makanan ringan atau obat ajaib. Khasiat teh puerh dalam menurunkan berat badan, seperti semua metode tradisional lainnya, membutuhkan ketekunan dan tekad.

Anda tidak akan melihat hasilnya dalam sekejap. Peningkatan energi secara bertahap, kesehatan dan yang terakhir namun tidak kalah pentingnya, penurunan berat badan secara bertahap.

Dalam sebuah penelitian di Prancis, peserta mencatat penurunan berat badan dari lima menjadi sepuluh pound selama periode dua bulan.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, ikuti diet sehat dan olahraga secara teratur selain teh teatox Anda, dan minum teh pu-erh sekitar satu jam setelah makan (atau hanya setelah sarapan atau makan siang) untuk mengurangi jumlah lemak yang disimpan dari makanan.

Baca Juga 7 Jenis Teh Pelangsing Terbaik | Penurun Berat Badan yang BAGUS CEPAT AMAN & AMPUH

 

Cara Terbaik untuk Menggunakan Teh Pu-erh untuk Menurunkan Berat Badan:

Seperti banyak metode tradisional lainnya untuk menurunkan berat badan, minum secangkir teh Pu-erh untuk menurunkan berat badan memerlukan ketekunan dan banyak tekad karena Anda mungkin tidak segera melihat efeknya.

Dengan cara ini akan berakibat pada penurunan berat badan secara bertahap dalam jangka waktu yang lebih lama.

 

Menurunkan berat badan dengan menggunakan teh puerh:

Jika diminum pada waktu yang tepat, khasiat teh puerh akan membantu Anda menurunkan berat badan yang tidak diinginkan dan dengan demikian membantu tubuh Anda memetabolisme lemak.

Jika Anda minum Pu-erh pada saat yang salah, hal itu mungkin akan mempengaruhi Anda dengan cara yang salah, hal itu juga akan menyebabkan Anda bertambah berat.

  • Waktu terbaik yang disarankan untuk minum secangkir teh Pu-erh untuk tujuan penurunan berat badan adalah satu jam setelah makan. Sehingga khasiat teh Puerh dapat menghilangkan kelebihan minyak dan membantu tubuh Anda untuk menghilangkan sisa lemak yang tidak diinginkan.
  • Namun jika Anda minum Pu-erh setengah jam sebelum makan, itu akan menyebabkan efek sebaliknya dan bisa menyebabkan Anda bertambah gemuk! Ini karena saat Anda minum teh Pu-erh sebelum ada senyawa yang membersihkan deposit lemak di tubuh Anda dan residu di perut sehingga meningkatkan nafsu makan Anda sampai beruntun, menyebabkan Anda makan lebih banyak.
  • Idealnya, untuk menurunkan berat badan dengan menggunakan teh Pu-erh, Anda harus minum teh Pu-erh tanpa menambahkan teh ke dalam makanan. Jika Anda melakukan ini, efek penurunan berat badan akan menjadi kurang efektif.

Baca jugaTeh Oolong Sebagai Penurun Berat Badan: Khasiat dan Pertanyaan Yang Sering Anda Dengar?

 

Cara Menyeduh Teh Puerh

Teh pu-erh diseduh sama seperti Anda menyeduh teh hitam dan oolong. Panaskan air dengan kualitas bagus hingga mendidih.

Tuangkan air ke daun teh, tunggu 10 detik, lalu buang airnya. Tambahkan lebih banyak air dan rendam cukup lama untuk mengembangkan warna dan rasa tapi jika terlalu lama rasanya teh rasanya akan terasa pahit.

Untuk teh pu-erh, dua sampai lima menit adalah waktu yang terbaik. Tergantung pada ragamnya, warna teh yang diseduh bisa berwarna kuning pucat, keemasan, merah, atau coklat tua.

Beberapa varietas pu-erh yang diseduh terlihat seperti kopi dan rasanya sangat bersahaja, namun para penikmat sering menganggapnya sebagai kualitas rendah.

Anda bisa menggunakan kembali daun teh berkualitas beberapa kali; Pecinta teh mengatakan bahwa infus berikutnya terasa lebih enak dan lebih baik.


 

Metode Tradisional Tionghoa

Metode ini lebih kompleks dan direkomendasikan untuk peminum Pu-erh berpengalaman dan para pecinta teh.

Persiapan

• Teko teh kecil
•  Gaiwan
• Dua cangkir teh pengecap tradisional
• Pu-erh, yang telah dicongkel
• Ketel termometer atau ketel kontrol suhu
• sendok teh
Timer teh

Pembuatan

  1. Siapkan sekitar 3-4 g teh Pu-erh per 200 ml air. Kekuatan teh akan tergantung pada jumlah teh terhadap jumlah air.
  2. Jika Anda menyeduh teh dari kue Pu-erh, timbang teh untuk memastikan bahwa Anda memiliki jumlah yang tepat untuk jumlah teh yang ingin Anda seduh. Anda juga bisa melakukan ini dengan menggunakan sendok teh.
  3. Bilas Gaiwan, kendi dan gelas dalam air mendidih.
  4. Tempatkan teh di Gaiwan Anda.
  5. Tuang sedikit air panas ke Gaiwan. Untuk memastikan rasa otentik, air harus 100 ℃.
  6. Cuci daun teh dengan air panas dan buang cairannya.
  7. Isi Gaiwan dengan air panas (masih 100 ℃), letakkan tutupnya di atas Gaiwan dan biarkan direndam selama kurang lebih 15-30 detik.
  8. Sedikit miringkan tutup Gaiwan dan tuangkan infus ke teko Anda untuk meninggalkan daun teh di Gaiwan.
  9. Anda bisa menggunakan kembali daun teh beberapa kali. Setiap infus akan memiliki sedikit rasa yang berbeda.
  10. Sajikan infus Pu-erh pada cangkir teh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *