Khasiat Teh Oolong | FAQ & Fakta Kesehatan Ilmiah

Teh Oolong atau teh Wu-Long merupakan nama lain dari teh oolong, minuman populer yang banyak dikonsumsi di Asia.

Mereka mengkonsumsi teh oolong karena manfaat teh oolong untuk diet dan khasiat teh oolong bagi kesehatan. Lalu, apa kaitan nya khasiat teh oolong dan penurun berat badan

Hal ini telah menarik banyak perhatian akhir-akhir ini, Para pencinta teh oolong mengklaim bahwa Anda bisa menurunkan berat badan 1kg seminggu! Mungkin banyak informasi yang tidak akurat di luar sana.

Berikut pertanyaan yang banyak beredar di masyarakat tentang khasiat teh oolong:

 

Manfaat Teh Oolong Untuk Diet dan Khasiat Teh Oolong bagi Kesehatan

 

FAQ # 1   Apakah Teh Oolong dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan membakar lemak?

Di negara-negara seperti China, Jepang dan Korea meminum teh merupakan salah satu tradisi. Teh memiliki reputasi besar untuk membantu orang menurunkan berat badan dan menghancurkan lemak.

Di China secara luas telah dipercaya bahwa semua teh – terutama teh hijau, teh oolong dan teh pu-erh – “dapat menjaga berat badan.” Teh Oolong, khususnya, diketahui membakar lemak dan mendorong ekskresi makanan berlemak.

Benarkah ada bukti ilmiah khasiat teh oolong?

Teh oolong tidak begitu dipelajari seperti teh hijau, namun ada sejumlah bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa oolong memiliki manfaat:
o Menurunkan berat badan
o Meningkatkan metabolisme
o Memblokir penyerapan lemak makanan
o Membakar lemak (melalui proses yang disebut lipolisis)

Studi dan Penelitian tentang manfaat teh oolong

Orang Cina sudah lama percaya bahwa teh oolong bermanfaat dalam mengurangi dan mempertahankan berat badan. Sebuah penelitian di China, pada tahun 1998, dari 102 wanita menunjukkan bahwa mengkonsumsi teh oolong secara terus-menerus selama enam minggu dapat menurunan berat badan.

Penelitian ini, bersamaan dengan pertanyaan tentang senyawa yang berkontribusi terhadap manfaat teh terhadap penurunan berat badan, mendorong nya untuk dipelajari lebih lanjut.

Ahli fisiologi, Dr. William Rumpler pada tahun 2001, dari Laboratorium Makanan dan Laboratorium Penelitian Pertanian AS, menyelidiki kepercayaan orang Tionghoa kuno bahwa khasiat teh oolong efektif dalam mengendalikan berat badan.

Studi tersebut mengukur bagaimana teh mempengaruhi pengeluaran energi (EE) yang melibatkan 12 sukarelawan laki-laki yang diberi 4 formula minuman secara terpisah selama tiga hari berturut-turut. Formula minuman terdiri dari;

  1. Teh oolong murni
  2. Air berkafein dengan kadar kafein sama dengan teh oolong murni
  3. Canpuran teh oolong dan air berkafein
  4. Air yang tidak berkafein.

Pengeluaran Energi (EE) Peserta diukur dan dihasilkan;

  • Mereka yang meminum teh oolong murni, Tingkat EE sekitar 3% lebih tinggi dibandingkan dengan Perserta yang meminum air berkafein dan air yang tidak berkafein.
  • Peserta yang meminum teh oolong murni membakar rata-rata 67 kalori per hari.
  • Tingkat oksidasi lemak (pembakaran lemak) meningkat hingga 12% setelah mengkonsumsi teh oolong murni dibandingkan dengan air berkafein.
  • Data ini mengkonfirmasikan bahwa komponen selain kafein berperan serta untuk mendorong  penggunaan lemak sebagai sumber energi.
Sumber : Oolong Tea Increase Metabolism – More Than Caffeine

FAQ #2: Apakah Khasiat Teh Oolong membantu dalam memelihara berat badan?

Setalah melakukan diet ketat, mungkin Anda berhasil dengan sukses untuk menurunkan berat badan, Tetapi akan kah Anda bisa mempertahankan berat badan anda tetap stabil?

Lalu, Apa yang harus kamu lakukan? Saya benar-benar tidak merekomendasikan Anda untuk mengkonsumsi suplemen pembakar lemak lebih dari 3 bulan. Efek jangka panjang menjadi perhatian bila racun yang terakumulasi mengakibatkan muncul nya penyakit lain.

Oleh karena itu, Ini adalah saatnya Anda untuk menjaga berat badan dengan minuman teh yang terbaik. Teh terbukti pembakar lemak alami dalam jangka panjang.

Tahun 2007, sebuah studi di Amerika menemukan bahwa tikus yang rentan terhadap obesitas mengkonsumsi setara 6 cangkir teh setiap hari dan hasilnya membuktikan bahwa teh dapat mengurangi berat badan sebesar 66% . Selain itu, lemak trigliserida mereka 80% menurun.

Sumber: Oolong Tea For Fat Loss – A Science Based Guide

FAQ #3 : Manfaat Teh oolong dibandingkan dengan teh hijau  – mana yang lebih baik untuk menurunkan berat badan?

Khasiat Teh oolong lebih baik daripada teh hijau karena “membakar 2,5 kali lebih banyak kalori daripada teh hijau”. Seperti banyak yang diklaim oleh para ahli .

Klaim ini didasarkan pada sebuah studi 2003 oleh Komatsu dari Sekolah Kedokteran Tokushima di Jepang.

Inilah alasannya:

  • Penelitian hanya berlangsung dalam satu sesi dan hanya 11 diikuti peserta wanita muda. Dalam makalahnya, Swen Wolfram, yang memberikan efek anti-obesitas sangat bagus adalah teh hijau.
  • Mengutip Wolfram: Studi oleh Komatsu tampaknya terhambat oleh kekurangan metodologis, termasuk durasi tes, yang mungkin terlalu singkat, dan juga penggunaan tas Douglas untuk analisis gas, yang kurang akurat daripada yang lebih modern.
  • Subjek uji minum teh hijau (5 gram) atau daun teh oolong (15 gram). Sangat jelas hal ini tidak dapat dibandingkan.
  • Komatsu, dalam makalahnya tidak pernah menyimpulkan bahwa khasiat teh oolong membakar lebih banyak kalori daripada teh hijau.

Untuk disarankan meminum keduanya atau minum teh ringan seperti teh putih atau teh hijau.

Ini karena semua teh berkualitas tinggi akan membantu menurunkan berat badan. Namun, Anda ingin minum sebagian besar teh berkualitas yang terbuat dari kuncup teh muda, karena kuncup teh ini cenderung tidak terkontaminasi oleh polusi jalan, fluorida dan pestisida.

Sumber: Oolong Tea Metabolism Going Beyond EGCG

FAQ #4: “Gosip” teh oolong merupakan pembakar lemak yang lebih kuat daripada teh hijau?

Sebuah penelitian tahun 2001 oleh Yang menyatakan bahwa teh hijau membakar lebih banyak lemak daripada teh oolong.

Dalam penelitian nya, “Yang” memberi makan tikus dengan teh hijau, teh oolong dan teh hitam yang menderita obesitas dengan kandungan lemak tinggi dalam darah.

Ia menemukan bahwa minum teh hijau mengurangi kadar lemak plasma darah dan kolesterol LEBIH CEPAT dari teh oolong dan teh hitam.

Selain itu, teh hijau tidak berpengaruh pada tingkat HDL (kolesterol baik) dan penyerapan lemak berkurang. “Yang” menyimpulkan bahwa metabolisme lemak teh hijau lebih kuat daripada teh oolong dan teh hitam.

Mereka adalah pembakar lemak yang kuat, tapi sulit untuk mengatakan mana yang lebih kuat. Studi yang berbeda akan menghasilkan data yang berbeda.

Intinya Semua teh dengan kualitas tinggi dapat menurunkan berat badan

FAQ #5: Apakah teh oolong adalah teman yang bagus saat mengonsumsi makanan berlemak?

Di Asia, khusus nya Orang indonesia teh merupakan minuman pendamping ketika makan. Kini, para ilmuwan telah membuktikan bahwa itu adalah penghambat lemak yang efektif.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Tokushima menemukan bahwa hal itu dapat melipatgandakan jumlah lemak yang diekskresikan.

12 orang dewasa muda Jepang berpartisipasi dalam penelitian 17 hari, yang terdiri dari 10 hari pencucian dan 7 hari pengobatan. Para ilmuwan menemukan bahwa ekskresi lemak dua kali lebih tinggi untuk mereka yang mengkonsumsi teh oolong dibandingkan dengan plasebo.

Jadi lain kali Anda jika memakan makanan berminyak, mintalah segelas teh oolong! Aroma teh oolong tidak hanya bagus sebagai pendampinng ketika makan makanan berlemak seperti daging rendang sapi, juga dapat membantu memproses lemak secara efektif!

Sumber: Diet Teh Oolong Memblokir Penyerapan Lemak

FAQ #6: Berapa cangkir teh Oolong yang harus saya minum sehari?

Banyak orang bertanya “berapa cangkir teh yang perlu saya minum sehari untuk menurunkan berat badan?”

Apa yang mereka lupakan adalah bahwa sementara khasiat teh oolong dapat membantu menurunkan berat badan dengan memberi Anda dorongan energi dan membantu membakar lemak, sebaiknya Anda tidak minum banyak.

Jika Anda minum teh oolong berkualitas tinggi, maka Anda hanya perlu mengonsumsi 3 gram sehari, yang bisa diinfuskan 3-5 kali sehari untuk membuat 3-5 cangkir teh.

Nah, itu adalah banyak cangkir yang bisa diminum dalam sehari dan itu melindungi diri dari Anda dari kontaminasi lingkungan karena Anda hanya mengkonsumsi sedikit teh daun setiap hari!

Selain itu, karena teh oolong bisa diinfuskan berkali-kali, Anda bisa melindungi diri dari pestisida dengan mencuci teh.

Cukup tuangkan air panas ke daun teh, rendam dalam waktu yang sangat singkat, lalu buang airnya. Dengan cara itu residu dan debu pestisida apa pun yang ada pada teh dicuci akan berkurang!

FAQ #7: Ingin beli Teh pelangsing? Merek teh oolong apa sih yang bagus?

Apakah teh oolong termasuk salah satu teh pelangsing? Teh oolong yang berkualitas bisa menghasilkan inpus  3-5 kali. Daun ynag dibasah lembut dan lmenghasilkan cita rasa dan aroma yang menawan.

Yang penting disini adalah meminum kualitas. Anda ingin minum daun teh dari sumber pegunungan  dimana iklim dingin akan memperkaya nutrisi, rasa dan aroma nya akan lebih baik dan tidak menggunakan pestisida.

Setelah minum teh oolong yang berkualitas, Rasa akan bertahan lebih lama, mulut Anda terasa basah dan halus. Anda akan merasa lebih berenergi selama berjam-jam kemudian.

Teh “Amber AA Grade” ini sangat dianjurkan dengan harga yang bersaing, daya tahannya keharumannya tinggi dan  lebih lama. Anda juga bisa membaca panduan berikut untuk teh oolong:

Teh Oolong Cina (Teh Wu Long) – Satu Kualitas yang Harus Anda Coba

 

Kesimpulan

Minum teh oolong dapat menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme dan menghambat penyerapan lemak. Ini akan membuat nya jauh lebih menyenangkan!

Berapa banyak berat badan yang Anda bisa turunkan dalam beberapa minggu atau bulan ke depan tergantung pada banyak faktor lainnya, seperti beralih ke pola makan yang lebih sehat atau memiliki gaya hidup yang lebih aktif.

Karena khasiat teh oolong untuk diet dan khasiat teh oolong bagi kesehatan, orang–ornag ingin mengkonsumsi nya.  Jika seseorang mengatakan bahwa minum teh oolong dijamin bisa membantu Anda menurunkan berat badan 1kg seminggu – ini melebih-lebihkan atau berbohong.

Tidak ada penelitian ilmiah yang pernah menunjukkan bahwa hanya minum teh dapat membantu Anda menurunkan berat badan dalam beberapa minggu.

Baca jugaCara Meminum Teh Oolong Untuk Menurunkan Berat Badan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *