10 Khasiat Teh Hijau Untuk Kesehatan dan Turunkan Berat Badan

Khasiat teh hijau untuk kesehatan dan untuk diet, termasuk mengurangi bahaya kanker, memperbaiki fungsi otak, penghancur lemak, menurunkan berat badan serta memiliki sejumlah manfaat luar biasa lainnya.

Teh kesehatan ini tidak diragukan lagi merupakan salah satu minuman paling sehat. Bukan hanya sebagai minuman pelangsing, teh kesehatan yang kaya akan antioksidan dan banyak unsur lain yang juga bermanfaat untuk tubuh Anda.

Teh diet ini juga merupakan salah satu teh pelangsing terbaik, Kandungan polifenol seperti flavonoid dan Catechin, yang berfungsi sebagai antioksidan dapat merangsang sistem saraf pusat dan menyebabkan lemak dilepaskan ke aliran darah agar tubuh dapat menggukannya sebagai bahan bakar.

Catechin polifenol dalam teh diet ini juga berkhasiat merangsang penggunaan asam lemak oleh sel hati dan otot. Dan kemudian mengurai karbohidrat menjadi energy, yang memungkinkan daya tahan saat berolahraga lebih lama.

Berbagai penelitian mengungkapkan hubungan antara kafein dan teh hijau. Diantara nutrisi teh diet, EGCG diyakini menjadi faktor terpenting yang bekerja dengan baik untuk meningkatkan noradrenalin yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan menurunkan nafsu makan.

 

Khasiat Teh Hijau Untuk Kesehatan:

Mari kita lihat beberapa manfaat dan khasiat teh hijau yang telah dilakukan penelitian terhadap manusia.

1. Dapat Membantu Anda Menurunkan Berat Badan dan Menurunkan Resiko Obesitas

Mengingat bahwa khasiat teh hijau dapat meningkatkan tingkat metabolisme dalam jangka pendek, masuk akal kalau bisa membantu menurunkan berat badan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa khasiat teh hijau menyebabkan penurunan lemak tubuh, terutama di daerah perut.

Salah satu dari penelitian ini adalah percobaan terkontrol acak selama 12 minggu pada 240 pria dan wanita.

Dalam penelitian ini, kelompok peminum teh diet mengalami penurunan persentase lemak dalam tubuh yang signifikan, berat badan, lingkar pinggang dan lemak perut.

Namun, beberapa penelitian tidak menunjukkan peningkatan penurunan berat badan yang signifikan secara statistik dengan teh diet, jadi ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Baca juga: Alasan Mengapa Teh Hijau Dapat Menurunkan Berat Badan

 

2. Kandungan Teh Diet Terdapat Senyawa Bioaktif

Teh diet kaya akan polifenol yang memiliki efek seperti mengurangi peradangan dan membantu melawan kanker.

Sekitar 30 persen polifenol dari beratnya yang benar-benar menonjol adalah terdapat berbagai antioksidan kuat yang dikenal dengan catechin.

Yang paling vital dalam teh kesehatan adalah EGCG atau Epigallocatechin gallate, sejenis catechin yang dapat meningkatkan metabolisme.

Catechin juga sebagai antioksidan alami yang membantu mencegah kerusakan sel dan Zat ini bisa mengurangi pembentukan radikal bebas di dalam tubuh, melindungi sel dan molekul dari kerusakan. Radikal bebas ini diketahui berperan dalam penuaan dan segala macam penyakit.

Banyak senyawa  di tanaman daun teh yang mengandung sejumlah besar nutrisi penting, sehingga minuman teh sering dijadikan minuman penutup.

Cobalah untuk memilih merk berkualitas tinggi untuk mendapatkan khasiat teh hijau, karena beberapa merek dengan kualitas lebih rendah banyak mengandung fluorida berlebihan.

Baca Juga5 Merk Teh Hijau Yang Bagus Untuk Diet

 

3. Khasiat Teh Hijau Meningkatkan Pembakaran Lemak dan Memperbaiki Kinerja Fisik

Untuk membakar lemak, pada awalnya harus dipecah menjadi sel lemak dan kemudian dikirim ke dalam sirkulasi darah. Zat aktif dalam teh diet ini dapat membantu dalam proses meningkatkan efek dari  hormon pembakaran lemak.

Antioksidan kunci dalam teh diet yaitu EGCG, yang dapat membantu menghambat enzim yang memecah hormon norepinephrine.

Daun teh Hijau

Karena enzim ini ditekan, kadar norepinephrine naik. Hormon ini dimanfaatkan oleh sistem saraf sebagai pemicu sel lemak dan menugaskannya untuk memecah lemak.

Sel lemak yang telah dipecahkan dari lemak, diangkut ke aliran darah dan siap dijadikan sebagai energi untuk otot. Dalam satu studi terhadap 10 pria sehat, khasiat teh hijau meningkatkan pengeluaran energi sebesar 4%.

Studi lain menunjukkan bahwa oksidasi lemak meningkat sebesar 17%, menunjukkan bahwa khasiat teh hijau dapat secara selektif meningkatkan pembakaran lemak.

Namun, beberapa penelitian tentang khasiat teh hijau tidak menunjukkan adanya peningkatan metabolisme, sehingga efeknya mungkin bergantung pada individu.

Sedangkan kandungan kafein itu sendiri juga telah terbukti dapat memperbaiki kinerja fisik dengan memobilisasi asam lemak dari jaringan lemak dan menjadikan nya siap untuk digunakan sebagai energy.

Dalam dua studi peninjauan terpisah, kafein telah terbukti dapat meningkatkan kinerja fisik rata-rata sebesar 11-12%. (Sumber: onlinelibrary.wiley.com)

Lanjut BacaCara Minum Teh Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan

 

4. Untuk Melindungi Otak Anda di Usia Lanjut, Menurunkan Resiko Alzheimer dan Parkinson

Khasiat teh hijau

Tidak hanya fungsi otak membaik dalam jangka pendek, juga bisa melindungi otak Anda di hari tua.
Penyakit Alzheimer adalah sumber demensia utama dan juga penyakit neurodegeneratif yang paling khas pada individu.

Penyakit Parkinson melibatkan kehilangan neuron penghasil dopamin di dalam pikiran dan merupakan gangguan neurodegeneratif yang paling umum ditemukan.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa senyawa Catechin dalam teh diet ini mungkin memiliki berbagai efek perlindungan pada neuron, yang berpotensi menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Intinya: Senyawa bioaktif dalam teh diet mungkin memiliki berbagai efek perlindungan pada neuron dan dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson, dua penyakit neurodegeneratif yang paling umum. (sumber: Jurnal NCBI)

 

5. Manfaat Teh Hijau Sebagai Kontrol Kolesterol

Menurut penelitian, jutaan orang dewasa memiliki kolesterol LDL tinggi. Manfaat minum teh hijau bisa membantu pembakar lemak termasuk menurunkan kolesterol ‘jahat’.

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi hingga 10 cangkir teh kesehatan sehari memiliki efek yang sangat besar pada kolesterol.

Tetapi meminum satu cangkir pun memiliki beberapa manfaat melawan kolesterol.

Tubuh menggemuk perlahan, risiko kanker meningkat 50 persen

Resiko obesitas

Info Lebih Lanjut KLIK DISINI

6. Untuk Meningkatkan Fungsi Otak 

Bahan yang paling dikenal dari teh adalah kafein. Secangkir teh kesehatan ini mengandung lebih sedikit kafein berkisar 24-40 mg dibandingkan secangkir kopi yang memiliki 100-200 mg, namun cukup untuk menghasilkan respons tanpa menimbulkan efek “gelisah” jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi kafein.

Dalam banyak penelitian Kafein bermanfaat sebagai stimulan untuk membantu pembakaran lemak dan meningkatkan kinerja ketika berolahraga.

kafein juga bekerja di otak dengan cara memblokir penghambat neurotransmiter yang disebut Adenosin.

Dengan cara ini, konsentrasi neurotransmitter akan dapat meningkat seperti dopamin dan norepinephrine.

Kafein sudah dipelajari secara intensif sebelumnya dan secara konsisten yang mengarah pada perbaikan dalam berbagai aspek fungsi otak, termasuk peningkatan mood, kewaspadaan, dan memori.

Namun, Kandungan teh tidak sekedar hanya kafein. Seperti asam amino L-theanine, yang mampu memperlancar darah-otak.

L-theanine meningkatkan aktivitas inhibitor neurotransmiter GABA, yang memiliki efek anti-kecemasan. Ia juga dapat meningkatkan dopamin dan produksi gelombang alpha di otak.

Studi menunjukkan bahwa kafein dan L-theanine dapat memiliki efek sinergis. Kombinasi keduanya sangat kuat dalam memperbaiki fungsi otak. Karena L-theanine dan dosis kafein yang lebih kecil, efek negatif teh yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan kopi.

Dari Manfaat teh hijau, banyak orang melaporkan memiliki energi yang lebih stabil dan jauh lebih produktif saat mereka minum teh, dibandingkan dengan kopi. (sumber: ncbi.nlm.nih.gov)

 

7. Membantu Anda Hidup Lebih Lama

Teh Hijau Dapat Membantu Anda Hidup Lebih Lama

Tentu saja, kita semua harus mati akhirnya. Itu tak terelakkan.

Namun, mengingat minum teh secara rutin akan mengurangi memiliki risiko penyakit kardiovaskular dan kanker yang lebih rendah, masuk akal jika hal itu bisa membantu Anda bertahan hidup lebih lama.

Dalam sebuah penelitian terhadap 40.530 orang dewasa Jepang, mereka yang minum teh paling hijau (5 atau lebih cangkir per hari) secara signifikan cenderung tidak meninggal selama periode 11 tahun:

  • Kematian semua penyebab: 23% lebih rendah pada wanita, 12% lebih rendah pada pria.
  • Kematian akibat penyakit jantung: 31% lebih rendah pada wanita, 22% lebih rendah pada pria.
  • Kematian akibat stroke: 42% lebih rendah pada wanita, 35% lebih rendah pada pria.

Studi lain meneliti manfaat teh hijau pada 14.001 orang tua Jepang yang berusia ditemukan bahwa mereka yang minum teh paling banyak 76% lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal selama masa studi 6 tahun. (sumber: sciencedirect.com)

 

8. Menurunkan Resiko Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang telah mencapai proporsi epidemi dalam beberapa dekade terakhir dan sekarang menimpa sekitar 400 juta orang di seluruh dunia.

Penyakit ini melibatkan peningkatan kadar gula darah dalam konteks resistensi insulin atau ketidakmampuan memproduksi insulin.

Studi menunjukkan bahwa khasiat teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah.

Satu studi pada individu Jepang menemukan bahwa mereka yang meminum teh paling hijau memiliki risiko 42% lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Menurut sebuah penelitian terhadap 7 penelitian dengan total 286.701 individu, minum teh memiliki risiko 18% lebih rendah untuk menjadi penderita diabetes. (sumber: Artikel academic.oup.com)

 

9. Mengurangi Resiko Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke, adalah penyebab kematian terbesar di dunia.

Studi menunjukkan bahwa khasiat teh hijau dapat memperbaiki sejumlah faktor risiko penyakit ini. Ini terdiri dari kolesterol total, kolesterol LDL dan trigliserida.

Khasiat teh hijau juga secara drastis meningkatkan kemampuan antioksidan darah, yang melindungi partikel kolesterol LDL dari oksidasi, yang merupakan salah satu bagian dari jalur menuju penyakit jantung.

Mengingat efek menguntungkan pada faktor risiko, tidak mengherankan untuk dicatat bahwa peminum teh kesehatan ini memiliki risiko penyakit kardiovaskular 31% lebih rendah. (Sumber: Journal of Nutrition)

 

10. Membantu Saat Istirahat dan Pemulihan

Teh kesehatan ini mengandung l-theanine, asam amino yang ditemukan secara eksklusif dalam teh, dan l-theanine bisa membantu Anda untuk rileks dan menghindari kegelisahan.

Sebuah studi baru-baru ini mengatakan bahwa l-theanine melakukan neurotransmiter yang meningkatkan gelombang alfa di otak. Gelombang Alpha dianggap sebagai ukuran relaksasi. Individu yang diberi 50-200 mg l-theanine diamati telah menaikkan gelombang alfa tanpa rasa kantuk.

Istirahat dan pemulihan yang berkualitas adalah elemen kunci dari setiap program latihan fisik, dan individu yang kurang tidur telah menujukkan beresiko untuk menyimpan lemak lebih banyak.

Smart Detox Ultimate Pack Plus-2

 

Info Lebih Lanjut tentang smart detox 
KLIK DISINI

 

Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Teh Diet:

Jika Anda ingin menurunkan satu atau dua kilogram berat badan, cukup ganti satu latte non-lemak atau kopi dengan secangkir teh diet ini (bebas kalori), dan Anda dapat menghemat setidaknya 150 kalori per hari.
Penelitian di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health menemukan bahwa hanya satu minuman 100 kalori per hari, Anda bisa menurunkan sekitar satu kilo dalam enam bulan.

Khasiat teh hijau juga bisa berfungsi sebagai kontrol insulin yang lebih baik. Meningkatkan sensitivitas insulin dan toleransi glukosa dapat membuat Anda langsing karena tubuh Anda akan menggunakan energi lebih efisien.

Hanya satu cangkir teh diet yang dapat membantu menstabilkan kadar gula darah tinggi saat dikombinasikan dengan setidaknya tiga hari latihan olahraga, menurut sebuah studi di jurnal American College of Nutrition.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa minum tiga cangkir teh dengan sedikit susu rendah lemak, selama tiga hari berturut-turut, membantu membakar 106 kalori per hari. Dalam satu tahun, itu bisa menghasilkan 38.000 kalori yang terbakar, sama dengan 6 kilogram lemak, hilang!

Tiga hari latihan fisik dikombinasikan dengan setidaknya tiga cangkir sehari bisa menyebabkan lemak perut. Sebuah penelitian baru-baru ini di Journal of Nutrition menunjukkan hasil ini, setelah 3 bulan meminum teh diet yang dikombinasi dengan latihan cardio intensitas sedang.

Selain itu, Khasiat teh hijau juga dapat membantu mencegah penyakit jantung. Khasiat teh hijau telah terbukti bisa membalikkan disfungsi endotel, ketidakseimbangan kontraksi dan pembesaran pembuluh darah.

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa hanya 30 menit setelah minum setidaknya dua cangkir, sel endotel yang melapisi sistem peredaran darah Anda membesar – ini membuat Anda rileks dan arteri Anda, yang memungkinkan, darah dan nutrisi mengalir dengan baik.

Penelitian terbaru di jurnal Clinical Nutrition Amerika juga menemukan bahwa 366 miligram EGCG meningkatkan pembakaran lemak sebesar 17 persen selama latihan bersepeda selama 30 menit.

Jadi, Khasiat teh hijau bagi kesehatan dan untuk diet tidak diragukan lagi, minum lah secara rutin dan imbangi dengan rajin berolahraga, akan menambah khasiat teh hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *