Efek Samping Kunyit dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Apakah efek samping herbal kunyit jika Anda meminumnya setiap hari? Apa tindakan pencegahannya? Obat apa yang dapat berinteraksi dengan kunyit yang menyebabkan timbulnya efek samping kunyit? Yuk kita gali lebih dalam.

Dengan metode sains dan pengujian modern, kami dapat menemukan beberapa kemungkinan efek samping kunyit.

Tetapi para ilmuwan setelah begitu banyak percobaan dan penelitian telah menemukan bahwa kunyit sangat aman kecuali jika dikonsumsi berlebihan.

Perlu melihat perspektif yang berbeda, bahkan kelebihan air juga dapat menyebabkan masalah kesehatan maka tentu saja logis bahwa kelebihan dari ramuan kompleks seperti kunyit dapat menyebabkan juga.

Hal kedua adalah sebagian besar efek samping kunyit terkait ketika Anda mengonsumsi suplemen kunyit secara berlebihan. Ketiga, manfaatnya melebihi efek samping yang mungkin Anda dapatkan.

 

Apa Efek Samping Kunyit?

Berikut ini daftar efek samping kunyit yang baca dari testimoni sebuah produk.

Hanya sebagian kecil pembaca yang melaporkan mungkin merupakan salah satu dari efek samping kunyit; sebagian besar adalah efek samping yang ringan dan sementara.

Masing-masing disajikan hanya untuk meningkatkan kesadaran dan tidak mengintimidasi Anda untuk mengkonsumsi kunyit.

 

1. Perut  Kembung / Flatulensi

Jika Anda mengonsumsi kunyit untuk pertama kalinya, efek samping kunyit yang ringan seperti perut kembung dan sering buang air besar adalah mungkin terjadi, tetapi mereda dalam 2-3 hari.

Efek samping terhadap lambung dapat terjadi sebagai akibat dari kualitas rempah kunyit yang buruk / suplemen atau karena dosis tinggi.

Pastikan Anda menggunakan kunyit organik dan selalu mulai dengan dosis kecil. Efek samping bersifat sementara dan akan berkurang saat tubuh Anda terbiasa dengan kunyit.

 

2. Perasaan Mual / muntah

Mual ringan mungkin terjadi jika Anda mengonsumsi kunyit dosis tinggi atau Anda tidak menyukai rasanya. Kunyit tidak akan menyebabkan muntah. Itu bisa terjadi akibat kunyit yang terkontaminasi.

Jika mual ringan maka itu akan mereda dan Anda dapat menghilangkan rasa mual dengan makan. Jika mual / muntah parah hentikan penggunaan kunyit atau beralih ke merek organik berkualitas baik.

 

3. Ruam kulit dan gatal

Ini bisa disebabkan alergi terhadap kunyit / kurkumin atau aditif dalam suplemen. Bahkan kehadiran logam berat dalam kunyit bisa menyebabkan ruam.

Berkonsultasi dengan praktisi kesehatan. Pilihlah bubuk kunyit organik atau suplemen deangan merek yang lebih baik.

Jika ruamnya terlalu parah berhenti minum kunyit.

 

 

4. Aliran darah yang berlebihan selama menstruasi

Kunyit dapat memulai aliran menstruasi pada beberapa individu, karena obat tradisional menunjukkan bahwa kunyit memiliki sifat merangsang rahim. Bahkan wanita pasca menopause mengalami perdarahan uterus ringan dengan suplemen kunyit.

Jadi, pertama-tama jika Anda mengkonsumsi suplemen dan mengalami gejala ini, disarankan menghentikan penggunaan suplemen kurkumin. Jika Anda mengkonsumsi kunyit sebagai bumbu, kurangi dosisnya atau batasi asupan hingga ½ sendok teh sehari.

 

5. Timbul Jerawat

Kunyit tidak menyebabkan jerawat. Ini bisa menjadi kasus alergi kunyit atau kemungkinan kontaminan zat lain yang ada di dalamnya.

Beralih ke merek kunyit organik yang baik atau hentikan penggunaan kunyit jika Anda masih mengamati jerawat.

 

6. Wajah Anda Memerah atau hot flashes

Kami tidak dapat memberikan penjelasan ilmiah untuk hal ini sekarang tetapi untuk tetap menggunakan kunyit sederhana dapat mengatur hormon Anda tetapi untuk kebaikan. Dan inilah mengapa Anda mungkin bisa mengalami kilatan panas.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan jika Anda mengalami hot flash dengan kunyit:

  • Kurangi dosis kunyit.
  • Beralih ke merek kunyit atau suplemen kunyit yang berbeda.
  • Jika menggunakan suplemen beralih ke diet kunyit.

 

7. Efek Samping Kunyit Menimbulkan Bau Badan

Gejala ini umumnya tercatat pada hewan tetapi beberapa pengguna telah melaporkan gejala ini juga.

Menambahkan kayu manis ke minuman kunyit Anda dapat mengatasi hal ini. Satu pin untuk setiap dosis akan membantu untuk mengurangi efek ini.

 

8. Sakit kepala meningkat

Tidak ada alasan yang sesuai dengan ilmu pengetahuan untuk memastikan mengapa kunyit bisa memulai atau memperburuk sakit kepala; seharusnya benar-benar membantu meringankannya.

Dalam kasus peningkatan sakit kepala, Anda dapat mengurangi dosis kunyit atau menghentikan penggunaannya.

 

9. Keringat menjadi kuning, kulit dan kuku

Tidak ada penjelasan ilmiah yang kami temui untuk ini. Menguningnya kulit, keringat, dll bisa terjadi pada dosis yang sangat tinggi.

Kurangi dosis kunyit yang Anda minum. Jika mengkonsumsi suplemen, beralihlah ke kunyit diet. Juga efek samping ini mungkin sementara jadi tunggu selama seminggu sampai tubuh Anda terbiasa dengan kunyit.

 

Tindakan pencegahan

Berikut adalah beberapa tindakan pencegahan yang harus diperhatikan saat menggunakan kunyit.

  • Hentikan suplemen kunyit 2 minggu sebelum operasi untuk meminimalkan risiko pendarahan.
  • Hindari atau batasi asupan kunyit sebagai bumbu, gangguan ini disebabkan oleh kandungan kunyit kaya oksalat dan kalium.
  • Hindari suplemen kunyit dalam obstruksi kantong empedu karena kurkumin pada dosis rendah menyebabkan kontraksi kandung empedu. Ini bisa menyebabkan rasa sakit.
  • Hindari suplemen kunyit selama fase Kehamilan.
  • Jika menderita pendarahan atau gangguan pembekuan, minum kunyit dengan hati-hati. Hindari suplemen kunyit jika meminum obat pengencer darah.

 

Interaksi obat Lain dengan kunyit

Interaksi obat herbal umumnya tidak melibatkan reaksi antara komponen obat dan bahan aktif herbal. Apa yang bisa terjadi adalah ramuan itu dapat meningkatkan jumlah obat dalam darah dan ini pada jangka panjang mungkin memiliki efek beracun.

University of Maryland Medical Center menyebutkan bahwa kunyit bisa memiliki interaksi obat dengan obat pengencer darah, obat pereda asam lambung dan obat diabetes.

Kurkumin dalam kunyit mengganggu aktivitas enzim pemetabolisme obat, maka jika diminum bersamaan dengan obat apa pun dapat meningkatkan konsentrasi obat dalam darah. Ini pada jangka panjang mungkin memiliki efek samping.

Lada hitam mengandung bahan aktif piperin, yang bila diberikan dengan herba atau obat meningkatkan penyerapannya di dalam tubuh.

Oleh karena itu kami menyarankan untuk tidak meminum ramuan kunyit dalam dosis besar dekat dengan waktu minum obat lain.

Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan praktisi kesehatan sebelum mengkonsumsi suplemen kurkumin jika Anda sudah mengonsumsi obat apa pun.

Pertahankan jarak 3-4 jam antara minum kurkumin atau kunyit dalam dosis besar dan obat apa saja.

Suplemen kurkumin tidak boleh dikonsumsi jika Anda sudah menggunakan antikoagulan. Sejumlah kecil kunyit dapat dimasukkan dalam diet jika menderita risiko pendarahan / pembekuan tetapi sebaiknya berkonsultasi dengan praktisi kesehatan tentang hal ini.

Zat aktif kurkumin, yang ditemukan dalam kunyit, bekerja sebagai kemo dan radiosensitizer – meningkatkan kepekaan sel kanker terhadap kemoterapi dan radioterapi, membalikkan chemoresistance dan membantu menghentikan sel kanker lebih baik. Ini juga melawan efek samping dari pengobatan kanker.

Ini adalah hal yang baik tetapi ini juga berarti bahwa Anda mungkin memerlukan dosis kemo / radioterapi yang lebih rendah.

Apakah manfaat kesehatan dari kunyit lebih besar daripada efek sampingnya?

Ini benar-benar tergantung pada jenis efek samping apa yang Anda alami. Berikut adalah intisari manfaat kesehatan kunyit:

  • Agen anti-kanker dan dapat mencegah kanker.
  • Memiliki sifat imunomodulator yang bermanfaat dalam kondisi autoimun.
  • Melindungi dan menjaga kesehatan tulang dari kondisi seperti arthritis.
  • Bermanfaat bagi kulit dan melindungi dari gangguan kulit.
  • Meningkatkan daya kerja otak karena membantu memerangi gangguan terkait suasana hati dan mencegah kondisi seperti Alzheimer.
  • Bermanfaat dalam kesehatan metabolik dan membantu menurunkan berat badan.
  • Melindungi dari efek samping obat-obatan.
  • Melindungi jantung dari gangguan.
  • Anti-inflamasi alami dan meningkatkan penyembuhan luka.
  • Memiliki antioksidan alami yang kuat.

Sekarang jika Anda membandingkan manfaat kesehatan kunyit dengan efek samping kunyit seperti sering buang air besar, kembung dll. Maka Anda adalah hakim nya untuk memutuskan mana yang lebih besar.

Efek samping kunyit terjadi hanya bersifat sementara dan dapat diminimalkan dengan mengurangi dosis. Namun jika itu adalah sesuatu yang lebih serius seperti reaksi alergi, ruam kulit mempengaruhi seluruh tubuh, pendarahan maka Anda pasti harus menghindari kunyit.

 

Bagaimana cara mengatasi efek samping kurkumin?

Efek samping kunyit sangat kecil, akibat mengkonsumsi kunyit dapat diatasi dengan langkah-langkah berikut.

  • Jika mengkonsumsi suplemen kurkumin / kunyit, konsultasikan dengan dokter sebelum meminumnya.
  • Jika mengalami efek samping pada suplemen kunyit beralih ke diet kunyit.
  • Kurangi dosis bumbu kunyit atau suplemen dan amati jika efek sampingnya berkurang.
  • Membagi dosis kunyit dalam beberapa kali sehari.
  • Ganti dengan merek kunyit berkualitas baik
  • Hindari mengkonsumsi kunyit ketika perut kosong.
  • Hindari mengkonsumsi kunyit sebagai bumbu atau suplemen dekat dengan waktu minum obat. Pertahankan setidaknya selisih 4 jam.
  • Selalu mulai dengan kunyit dosis rendah dan berikan waktu pada tubuh Anda untuk menyesuaikannya (setidaknya 2-3 hari)
  • Jika bubuk atau suplemen tidak cocok dengan Anda, pilihlah akar kunyit segar dalam diet.

Rujuk efek samping kunyit dan daftar tindakan pencegahan di atas untuk bantuan dengan gejala tertentu.

Dalam kasus efek samping kunyit yang serius, segera hentikan penggunaan kunyit.

Pada akhirnya, meminum suplemen kunyit berkualitas baik sangat aman. Telah dicoba dan diuji selama ribuan tahun dan manfaatnya telah dibuktikan dalam berbagai studi ilmiah.

Baca jugaManfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *