Apa Efek Minuman Bersoda Untuk Diet dan Kesehatan?

“Soft drink” itulah minuman bersoda yang akrab di telinga kita, Kebanyakan orang menyukai nya karena menyegarkan dan gelembung dingin karbonasi menghilangkan dahaga.

Ada beberapa mitos tentang efek minuman bersoda untuk diet Anda, tetapi juga beberapa kekhawatiran tentang bahaya kesehatan  mengkonsumsi minuman ini.

Apa itu Minuman Bersoda

Bagi sebagian orang, sesuatu yang misteri bahwa gelembung minuman berkarbonasi dapat memuaskan dahaga.

Namun, karbonasi terjadi dari penambahan gas yang dikenal sebagai karbon dioksida atau CO2. Menambahkan CO2 ke minuman bisa melalui proses alami atau dapat ditambahkan secara manual.

 

Minuman Karbon Dioksida

Karbon Dioksida mungkin terdengar seperti racun yang menakutkan untuk dikonsumsi.

Banyak yang mengklaim bahwa efek yang terjadi jika minum minuman yang mengandung CO2 seperti penurunan kepadatan tulang, diabetes dan masalah pencernaan.

Namun, banyak studi klinis menyanggah tentang kekhawatiran itu. Salah satu efek samping minum air berkarbonasi yang benar adalah mengalami kembung.

Obat yang mudah jika Anda mengalami kembung atau kenyang adalah hanya mengkonsumsi sedikit minuman dalam satu waktu.

Baca juga : 5 Merk Teh Hijau Yang Bagus Untuk Diet

Apakah Berhenti Minum Soda Dapat Menurunkan Berat Badan?

Jika Anda berhenti minum soda, Anda akan menikmati sejumlah manfaat. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi berlebihan dari minuman manis dikaitkan dengan kenaikan berat badan, resistensi insulin, dan diabetes.

Pakar kesehatan menyarankan agar kita mengurangi soda manis (dan minuman manis lainnya) untuk meningkatkan kesehatan kita.

Kita tidak hanya mengurangi total asupan gula, tetapi kita juga dapat menikmati manfaat kesehatan lainnya, seperti:

  • Kualitas tidur yang lebih baik
  • Kesehatan gigi yang lebih baik
  • Peningkatan energi (terutama jika Anda mengganti soda Anda dengan air)
  • Mengurangi risiko diabetes tipe 2
  • Peningkatan kesehatan jantung dan / atau tekanan darah
  • Penurunan risiko osteoporosis
  • Menurunkan tingkat kecemasan atau kegelisahan

Dan tentu saja salah satu manfaat terbesar dari menghentikan kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda adalah penurunan berat badan.

 

Jenis Minuman Berkarbonasi dan Efek Kesehatannya

Meskipun karbon dioksida dalam minuman berkarbonat tidak berbahaya, beberapa jenis minuman berkarbonasi dapat berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan.

Banyak dari minuman ini adalah minuman manis seperti soda atau air tonik. Selain itu, soda diet adalah minuman berkarbonasi yang mungkin bukan pilihan yang paling sehat.

 

#1. Air Tonik

Apa yang ada di Air Tonic? Penting untuk memahami bahan dalam air tonik. Dengan informasi, Anda dapat memutuskan apakah lebih baik untuk membeli atau membuatnya sendiri dirumah.

Air tonik mengandung quinine yang dikenal sebagai bahan dasarnya . Namun, mungkin ada beberapa bahan lain.

Bahan-bahan seperti pemanis (gula buah), bumbu dan rempah-rempah dimasukkan untuk membuat gin.

Dalam penelitian, quinine dianggap sebagai obat yang diresepkan dalam pengobatan malaria-FDA yang dimasukkan dalam air tonik dalam jumlah tertentu.

Dalam panduannya, jumlah kina yang direkomendasikan tidak boleh melebihi 83 bagian untuk setiap juta.

Meskipun air air tonik mengandung banyak bahan lainnya. Beberapa bahan umum yang ditemukan dalam air tonik dapat berbahaya bagi kesehatan termasuk gula, sirup jagung fruktosa tinggi, dan kina.

Gula dan sirup jagung fruktosa tinggi dapat menyebabkan diabetes dan obesitas. Kina adalah bahan yang menambahkan bumbu penyedap ke air tonik.

Quinine pernah digunakan sebagai obat untuk kram kaki dan menghasilkan efek samping yang tidak diinginkan. Kina dalam air tonik diatur ke jumlah yang aman, diencerkan.

Namun, Minumlah secara wajar agar lebih aman dan hindari mengkonsumsi air tonik yang berlebihan.

 

Apakah Air Tonic Berkorbonasi?

Secara tradisional, air tonik digunakan oleh tentara Inggris di daerah tropis untuk menyembuhkan malaria.

Namun, tren berubah dengan cepat dengan dimasukkannya bahan lain untuk membuat minuman yang diinginkan. Air tonik memiliki rasa yang sangat kuat dan pahit karena kehadiran kina.

Air tonik adalah minuman bersoda di mana karbon dioksida bertekanan pada dasarnya menghasilkan gelembung.

Proses karbonasi dapat terjadi secara alami – seperti dalam kasus mata air mineral – atau yang lebih baik masih dapat dibuat secara buatan.

Ini dilakukan untuk secara khusus memberikan pH asam air sehingga menambah lebih banyak rasa.

 

#2. Air Soda

Air soda adalah sejenis air berkarbonasi buatan manusia yang populer sebagai minuman. Bahan dasar dari Air soda adalah air biasa yang disuntikkan dengan gas karbon dioksida dan soda bikarbonat, sebagai elemen penstabil.

Beberapa produsen menambahkan rasa atau mineral lain untuk meningkatkan rasa, tetapi yang paling sering disajikan polos atau sebagai campuran.

Analisis penelitian 2007 menunjukkan konsumsi soda sebagai penyebab utama diabetes tipe dua, obesitas, kenaikan berat badan, kadar kalsium rendah, dan karies gigi.

Selain itu, sebuah studi 2016 pada tikus menunjukkan konsumsi soda kronis mengakibatkan stres oksidatif dan gangguan dalam fungsi biokimia hati dan ginjal.

Apakah Diet Soda Baik Untuk Anda?

Meskipun lebih rendah kalori dan gula, soda diet mengandung pemanis buatan untuk menggantikan gula. Keamanan pemanis buatan telah diteliti selama bertahun-tahun.

Namun, sebuah studi tahun 2018 mengaitkan pemanis buatan dengan obesitas dan diabetes.

Pemanis buatan juga dikaitkan dengan peningkatan risiko untuk kenaikan berat badan, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, demensia, dan penyakit Alzheimer.

Mengganti soda biasa dengan minuman diet bisa menjadi cara yang rumit. Bahkan minuman berkadar gula rendah memiliki kalori, dan minuman yang dimaniskan secara artifisial telah diketahui menyebabkan masalah pada beberapa orang.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika kita makan makanan manis yang dibuat secara alami atau dengan manis buatan, hal itu kan meningkatkan selera makan kita.

Anda mungkin akan menghilangkan kalori hanya untuk menggantikannya lagi ketika selera makan Anda meningkat dengan masuknya gula ke tubuh Anda.

Dan para ahli yang mempelajari pemanis buatan merekomendasikan bahwa sebaiknya hindari mereka jika mungkin, terutama jika Anda mencoba menurunkan berat badan.

Adakah Minuman Soda yang Baik untuk Anda?
Jika Anda menyukai pengalaman minum minuman bersoda, tetapi ingin menghindari soda, jangan takut. Ada beberapa minuman bersoda yang lebih sehat tapi masih terasa enak.

 

#3. Kombucha

Kombucha adalah minuman probiotik bersoda yang rasanya lezat dan membantu menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat.

Kombucha diproses dengan fermentasi, membuat minuman ini beraroma khas, asam, dan penuh dengan bakteri baik.

Minuman bersoda ini kaya akan manfaat kesehatan yang terbukti secara ilmiah dan dapat membantu mencegah banyak penyakit sepeerti:

  • Merangsang dan melindungi otak
  • Dikemas dengan probiotik
  • Dapat membantu mengontrol diabetes Tipe-2
  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Pencegahan infeksi bakteri
  • Membantu menurunan berat badan

Teh Kombucha adalah salah satu jenis untuk menurunkan berat badan karena berbagai alasan.

Ini meningkatkan metabolisme, yang meningkatkan tingkat di mana lemak dibakar, melindungi mikroba yang sehat, dan antioksidan serta asam meningkatkan penurunan berat badan.

Ketika kombucha dicampur dengan teh hijau, penurunan berat badan lebih jauh efektif.

Teh hijau dikenal sebagai teh sehat di dunia, dan dikenal karena penurunan berat badan dan pembakaran lemak yang luar biasa.

Antioksidan dalam kombucha dapat meringankan dan mengurangi banyak gejala dan penyakit yang terkait dengan obesitas, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, kelelahan, kelemahan, nyeri otot, dan kolesterol tinggi.

 

#4. Seltzer

Jika Anda tidak menyukai rasa air biasa, seltzer adalah cara yang bagus untuk tetap terhidrasi.

Seltzer telah memiliki CO2 yang ditambahkan secara manual ke air di bawah tekanan untuk menghasilkan efek bergelembung.

Seltzers polos atau beraroma ada untuk dipilih, namun berhati-hatilah karena beberapa seltzers mengandung pemanis buatan.

Daftar bahan air seltzer harus mengandung hanya air bersoda dan rasa alami.

Minum seltzer mungkin minuman bersoda yang sehat. Tetapi percaya atau tidak, ada banyak manfaat dari air seltzer, dan dengan banyak cara untuk memasukkannya ke dalam diet Anda, maka tidak heran minuman berbuih ini bermunculan di mana-mana belakangan ini.

Beberapa manfaat kesehatan air seltzer:

1. Tetap terhidrasi: Seltzer hanyalah air yang memiliki karbonasi yang ditambahkan kedalam nya. satu studi bahkan menemukan bahwa peminum seltzer sebenarnya membuat mereka lebih banyak minum dibandingkan mereka yang minum air biasa.

2. Menahan rasa lapar: Penelitian menunjukkan bahwa tegukan seltzer dapat membuat Anda puas tanpa merusak selera makan Anda. Itu karena semua gelembung itu mengisi ruang di perut Anda, sehingga Anda merasa lebih kenyang.

3. Mengurangi Kebiasaan Minum Soda: Jika Anda mencoba mengurangi konsumsi soda, Membuat seltzer menjadi pilihan . Tidak seperti soda, seltzer tanpa rasa memiliki nol kalori, dan itu bebas gula dan pemanis buatan.

4. Mencegah Erosi Gigi: Karbonasi membuat seltzer sedikit lebih asam daripada air biasa, yang mendorong beberapa kekhawatiran tentang kemampuannya untuk mengikis email gigi atau mengeluarkan kalsium dari tulang. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa Anda tidak perlu khawatir tentang seltzer merusak gigi atau tulang Anda, jadi silakan minum.

 

KESIMPULAN: Minuman Bersoda dan Kesehatan

Karbonasi dari karbon dioksida yang ditemukan dalam minuman tidak berbahaya bagi kesehatan dan dapat membuat minuman menyegarkan dan lezat.

Beberapa minuman bersoda kurang sehat ada termasuk soda, soda diet, dan air tonik.

Namun, karbonasi masih dapat dinikmati dalam minuman yang lebih baik untuk Anda seperti seltzer, air mineral, dan kombucha.

Minuman bersoda harus diperlakukan sebagai makanan lain dan dikonsumsi dalam jumlah sedang. Selalu berbicara dengan dokter jika Anda mengalami gejala abnormal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *