Diet Keto untuk Pemula: Baca Panduan Lengkapnya Disini

Pada awal melakukannya Anda harus mengikuti tahapan dan aturan dalam diet keto untuk pemula agar tidak membawa dampak tidak baik bagi tubuh Anda.

Karena diet keto ini memiliki pola makan tinggi lemak dan karbo maka harus benar-benar mengikuti petunjuk agar hasilnya memuaskan.

Diet keto atau ketogenik adalah sebuah metode diet dengan pola makan menggunakan komposisi rendah karbohidrat dan tinggi lemak yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Meskipun begitu diet ketogenik ini tidak boleh dilakukan sembarangan.

Ada fakta yang menguatkan bahwa diet keto ini bisa membantu seseorang untuk mengurangi berat badan dan meningkatkan derajat kesehatan.

Kesimpulan ini ditarik setelah adanya lebih dari 20 penelitian mengenai diet ketogenik.

Beberapa keuntungan dari melakukan diet ketogenik adalah bisa mencegah datangnya penyakit dan membantu tubuh melawan penyakit berbahaya seperti diabetes, kanker, epilepsi dan juga alzheimer.

Bagi Anda yang sangat ingin mencoba diet ketogenik ini maka sangat disarankan untuk mengikuti aturan melakukan diet keto untuk pemula.

Apakah Diet Ketogenik Itu?

Diet ketogenik merupakan diet dengan metode pengaturan makanan yang mengandung karbohidrat yang rendah tetapi tinggi lemak.

Diet keto ini memiliki kemiripan dengan metode diet Atkins dan diet rendah karbo.

Cara kerja dalam diet keto ini adalah dengan mengurangi karbohidrat atau kalori secara ekstrim dan digantikan dengan lemak.

Proses metabolisme tubuh untuk mengurangi atau membuang kalori dari dalam tubuh ini disebut dengan keto. Inilah asal kata diet ketogenik.

Dengan proses keto yang terjadi di dalam tubuh tersebut maka sistem metabolisme akan lebih mudah membakar lemak dan diubah menjadi energi.

Proses keto tersebut juga akan terjadi di dalam liver atau hati dimana hal tersebut bisa memasok energi ke otak.

Diet keto juga akan mengurangi jumlah kadar glukosa atau gula yang masuk ke dalam peredaran darah serta akan membantu meningkatkan produksi hormon insulin yang sangat menguntungkan bagi penderita diabetes.

Memang sebelum melakukan dan menerapkan diet keto untuk pemula sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja manfaat dari diet ketogenik ini bagi tubuh.

Dengan begitu diharapkan Anda akan lebih termotivasi dan bersemangat dalam melakukan diet keto ini sehingga akan bisa mendapatkan hasil yang optimal dan tidak sia-sia belaka.

Kesimpulan yang bisa ditarik dari penjelasan diatas adalah diet ketogenik adalah sebuah metode diet dengan menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak.

Diet keto ini akan memberikan efek yang baik bagi tubuh yaitu bisa mengurangi dan menurunkan kadar gula darah, meningkatkan produksi hormon insulin dan membuat metabolisme tubuh lebih cepat dalam membakar kalori.

Testimoni smart detox3

Info Lanjut KLIK DISINI

4 Jenis Dan Tipe Diet Ketogenik

Ada beberapa jenis dan tipe diet keto untuk pemula yang bisa Anda pilih, yaitu :

Diet Ketogenik Standar

Diet keto standar ini atau disebut juga dengan istilah ketogenik fastosis atau Standard Ketogenic Diet (SKD).

Pola makannya menggunakan komposisi 75% lemak, 20% protein dan 5% karbohidrat. Ini merupakan rumus dasar komposisi makan pelaku diet keto.

Diet Keto Chart

 

Diet Ketogenik Klinis

Tipe diet ketogenik klinis ini memiliki aturan dimana dalam seminggu Anda makan dengan komposisi 5 hari melakukan diet keto dengan makan rendah karbo tinggi lemak sedangkan 2 hari sisanya makan makanan yang tinggi karbo.

 

Diet Ketogenik Target

Tipe diet keto untuk pemula yang satu ini adalah metode keto dimana Anda bisa menambahkan jumlah karbohidrat ketika Anda sedang melakukan olahraga.

 

Diet Ketogenik Tinggi Protein

Kalau tipe diet keto yang satu ini sebenarnya mirip dengan diet keto standar hanya saja komposisi makanannya ditambahkan protein.

Komposisi makanan dalam diet keto tinggi protein terdiri dari 60% lemak, 35% protein dan 5% karbohidrat.

Dari keempat tipe diet ketogenik diatas pada dasarnya hanyalah jenis diet keto standar dan diet keto tinggi protein yang harus dilakukan secara rutin dan intensif oleh pelaku diet keto untuk pemula.

Sedangkan untuk jenis klinis dan target hanya diperuntukkan bagi mereka yang benar-benar ingin melakukan body building seperti para atlet misalnya.

Yang akan dibahas dalam tulisan ini nanti adalah cara diet keto jenis standar (SKD) tetapi bisa juga diterapkan dalam tipe diet keto yang lainnya karena pada prinsipnya semua memiliki metode dan cara yang hampir sama.

Yang paling direkomendasikan untuk dilakukan dalam diet keto adalah yang standar tersebut karena lebih banyak penelitian yang dilakukan untuk tipe tersebut.

 

Keuntungan Dari Diet Ketogenik

 

Diet Ketogenik Cocok Untuk Menurunkan Berat Badan

Nyatanya banyak klaim yang mengatakan bahwa dengan melakukan diet ketogenik maka tubuh akan bisa terhindar dari resiko penyakit-penyakit berbahaya.

Selain itu diet keto ini sangat manjur dan efektif dalam menurunkan berat badan.

Fakta lainnya juga mengungkapkan bahwa diet keto ini lebih jauh lebih efektif dan bermanfaat dari sekedar melakukan diet rendah lemak saja.

Dengan melakukan diet keto ini maka Anda tidak perlu susah payah menghitung jumlah karbohidrat dan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Karena semua sudah jelas komposisinya dan dihitung sejak awal.

Selain itu sebuah penelitian menemukan bahwa pelaku diet keto untuk pemula ini bisa mengurangi berat badannya 2,2 kali lebih cepat daripada mereka yang hanya melakukan diet rendah lemak saja.

Pada penelitian yang lainnya terhadap diet keto, ditemukan bahwa orang yang melakukan diet ini berhasil menurunkan berat badan 3 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan metode yang didasarkan pada diet diabetes di Inggris.


Menurunkan Resiko Penyakit Berbahaya

Dengan melakukan diet ketogenik selain berat badan yang akan turun atau berkurang, kadar asam lemak dan kolesterol jenis trigliserida dan HDL juga akan menurun.

Tentunya ini akan sangat menguntungkan bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung atau untuk menghindari resiko penyakit tersebut.

Itulah mengapa diet keto ini lebih bagus dan efektif dibandingkan dengan diet rendah lemak.

Diet ketogenik juga memiliki manfaat menurunkan kadar gula darah yang sangat baik untuk penderita diabetes.

 

Diet Keto Untuk Diabetes Dan Prediabetes

Seperti yang sudah dikatakan diatas bahwa dengan melakukan diet keto akan bisa menurunkan kadar gula darah dan juga menstimulasi produksi hormon insulin.

Hal ini tentunya sangat bagus untuk para penderita diabetes dan juga orang dengan resiko diabetes atau prediabetes.

Orang yang memiliki resiko terkena diabetes akan sangat bagus jika melakukan diet keto untuk pemula ini.

Terjadinya diabetes pada seseorang disebabkan oleh adanya perubahan di dalam metabolisme tubuh, kadar gula darah yang tinggi serta berkurangnya fungsi dari hormon insulin yang bertugas untuk memecah glukosa menjadi glikogen.

Jika glukosa tidak diubah menjadi glikogen maka akan membuat kadar gula dalam darah akan meningkat dan inilah yang menyebabkan seseorang menderita diabetes.

Diet ketogenik juga akan membantu Anda untuk mengurangi kadar lemak tubuh yang bisa menjadi penyebab munculnya penyakit diabetes, terjadinya kondisi prediabetes dan juga sindrom metabolisme.

Menurut sebuah penelitian diet keto akan meningkatkan kinerja insulin hingga 75%.

Smart detox rekomendasi dokter

Diet Tanpa RESIKO. Info KLIK DISINI

Pada penelitian yang lainnya dimana penderita diabetes tipe 2 menjadi subyeknya mendapatkan kesimpulan bahwa 7 dari 21 partisipan memilih untuk meninggalkan diet diabetes dan menggantinya dengan diet keto untuk pemula.

Dalam penelitian lain yang sedang dilakukan, para pelaku diet keto bisa menurunkan berat badannya sebanyak 11,1 kg sedangkan mereka yang mengkonsumsi karbo lebih banyak hanya bisa mengurangi berat badan 6,9 kg saja.

Penurunan berat badan ini erat hubungannya dengan resiko diabetes tipe 2 karena orang dengan berat badan berlebih akan lebih beresiko terkena penyakit tersebut.

Selain fakta-fakta tersebut diatas, pelaku diet keto untuk pemula juga telah mengurangi dan menghentikan meditasi untuk diabetes yang dilakukan sebelumnya.

Bahkan prosentasenya mencapai 62% lebih banyak dari mereka yang mengkonsumsi karbo lebih tinggi.

Kesimpulan yang bisa diambil dari penjelasan ini adalah dengan melakukan diet keto maka seseorang akan bisa menurunkan kadar gula darahnya, menstimulasi produksi hormon insulin yang akan menurunkan resiko diabetes tipe 2 dan prediabetes.

 

Manfaat Kesehatan Lainnya Dari Diet Keto

Diet keto selain bermanfaat bagi penderita diabetes dan prediabetes juga sangat baik untuk terapi penyakit saraf seperti epilepsi.

Diet keto juga memiliki manfaat lain bagi beberapa penyakit, antara lain :

Penyakit Jantung

Dengan melakukan diet keto untuk pemula maka faktor pencetus penyakit jantung seperti kolesterol, lemak tubuh, tekanan darah, kadar HDL dan juga kadar gula darah bisa dikurangi atau diturunkan.

 

Penyakit Kanker

Dengan melakukan diet ketogenik akan menghambat pertumbuhan berbagai jenis kanker dan memperlambat pertumbuhan tumor.

 

Penyakit Alzheimer

Diet keto untuk pemula juga akan menurunkan gejala Alzheimer juga akan memperlambat perkembangan penyakit tersebut.

 

Penyakit Epilepsi

Riset membuktikan bahwa ternyata dengan melakukan diet keto maka kejang pada anak penderita epilepsi bisa berkurang.

Hal ini tentu akan sangat membantu bagi penderita epilepsi tersebut.

 

Penyakit Parkinson

Solusi Parkinson
Info Lanjut KLIKDISINI

Diet ketogenik akan membawa dampak positif pada penderita penyakit parkinson.

Melakukan diet keto akan membantu tubuh untuk memperbaiki kondisi terhadap gejala penyakit parkinson.

Kesimpulan ini diambil berdasarkan dari penelitian ilmiah yang pernah dilakukan.

 

Sindrom Ovarium Polikistik / Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Penyakit ini merupakan gangguan pada ovarium wanita dalam usia subur.

PCOS ini akan membuat hormon wanita usia subur menjadi tidak seimbang yang menyebabkan siklus masa subur menjadi tidak menentu.

Jika Anda salah satu wanita dengan tanda gejala PCOS maka sebaiknya mulai melakukan diet keto untuk pemula agar tidak semakin parah.

 

Luka Pada Otak

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan telah membuktikan bahwa diet keto akan membantu pemulihan terhadap kasus luka pada otak. Sebuah manfaat yang luar biasa dari diet ketogenik.

 

Jerawat

Mungkin Anda tidak akan berpikir bahwa ternyata dengan melakukan diet ketogenik bisa mengurangi dan mencegah munculnya jerawat.

Bagaimana bisa demikian? Dengan melakukan diet keto untuk pemula membuat makanan yang Anda konsumsi memiliki kadar gula yang jauh lebih rendah dan juga akan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh.

Rendahnya kadar insulin serta tingginya kadar gula yang ada dalam tubuh akan membuat jerawat lebih mudah muncul.

Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan melakukan diet keto maka akan mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan bagi kesehatan tubuh.

Manfaat tersebut terutama pada jenis penyakit yang berhubungan dengan metabolisme tubuh, penyakit yang berhubungan dengan saraf dan penyakit yang berhubungan dengan kadar insulin dalam tubuh.

Baca JugaCara Diet Sehat dan Cepat Turunkan Berat Badan 4kg dalam Seminggu

 

Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Dalam Diet Keto Untuk Pemula

Sebagai pelaku diet keto untuk pemula maka Anda harus benar-benar tahu makanan apa saja yang harus dipantang, yaitu :

▪ Makanan yang mengandung gula seperti soda, jus buah, es krim, permen dll.
▪ Makanan berbahan dasar biji-bijian termasuk nasi, sereal, pasta, dll.
▪ Buah-buahan kecuali jenis beri seperti strawberry.
▪ Kacang-kacangan dan polong-polongan seperti buncis dll
▪ Akar-akaran seperti kentang, ketela dll
▪ Produk makanan rendah lemak/ makanan untuk diet
▪ Saus yang mengandung gula dan tinggi lemak.
▪ Lemak tidak baik seperti mayonais dan sayuran beku.
▪ Alkohol
▪ Makanan diet rendah gula

Piramid Makanan Keto Diet

Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Dalam Diet Ketogenik

Disamping jenis makanan yang harus dipantang, di dalam menu diet keto untuk pemula ada juga jenis makanan yang wajib dimakan, yaitu :

▪ Daging antara lain daging merah, ham,sosis, ayam tanpa lemak dan lainnya.
▪ Ikan antara lain ikan salmon, tuna juga makarel.
▪ Telur yang mengandung omega 3
▪ Mentega, krim dan keju.
▪ Kacang-kacangan dan bijian sehat seperti almond, biji bunga matahari, walnut dll.
▪ Minyak sehat seperti VCO, minyak kelapa dan minyak alpukat.
▪ Alpukat
▪ Sayuran rendah kalori seperti tomat dan sayuran hijau.
▪ Bumbu yang boleh digunakan antara lain lada dan herbal lainnya.

 

Contoh Menu Diet Keto Untuk Pemula

Sebagai pelaku diet keto untuk pemula ada formulasi atau komposisi menu makanan yang harus ditaati.

Senin

 Sarapan : daging, telur dan tomat.
 Makan siang : salad daging ayam dengan minyak zaitun dan keju.
 Makan malam : salmon dengan asparagus dimasak dengan mentega.

Selasa

 Sarapan : telur, tomat, telur dadar.
 Makan siang : susu almond, selai kacang, milkshake stevia.
 Makan malam : sayuran, daging, keju.

Rabu

 Sarapan : telur, tomat, telur dadar.
 Makan siang : susu almond, selai kacang, milkshake stevia.
 Makan malam : sayuran, daging, keju.

Kamis

 Sarapan : telur, sayuran hijau, omelet dengan daging domba.
 Makan siang : salad ikan dengan alpukat dan minyak zaitun.
 Makan malam : daging dengan keju dan brokoli.

Jumat

 Sarapan : yogurt dengan selai kacang.
 Makan siang : daging sapi yang digoreng dengan minyak kelapa
 Makan malam : ikan,telur dan bayam

Sabtu

 Sarapan : omelet sayuran dengan ham dan keju.
 Makan siang : daging ham, keju dan kacang-kacangan.
 Makan malam : ikan, telur dan sayuran seperti bayam.

Minggu

 Sarapan : telur ceplok, bacon dan jamur.
 Makan siang : burger dengan keju
 Makan malam : steak dan telur

Susunan menu diatas hanyalah contoh komposisi makanan yang dianjurkan dalam diet keto untuk pemula. Selanjutnya bisa dibuat variasi menu lainnya.

 

Cemilan Sehat Untuk Diet Ketogenik

Dalam diet keto sangat penting mengetahui apa saja jenis cemilan yang baik untuk diet ini.

Karena belum terbiasa dengan ritme mayoritas pelaku diet keto untuk pemula akan merasa kelaparan diantara waktu makan.

Jenis cemilan yang boleh dimakan antara lain keju, ikan, kacang-kacangan sehat, cokelat tanpa gula serta yogurt.

 

Tips Saat Makan Di Luar Rumah

Bagi yang menjalankan metode diet keto untuk pemula tentunya tidak boleh sembarangan makan termasuk saat sedang makan di luar rumah.

Anda tetap harus mematuhi aturan main dalam komposisi makanan diet keto untuk pemula dan sesuaikan dengan pilihan menu yang ada di restoran yang dikunjungi.

Gunakan daftar makanan yang boleh dikonsumsi sebagai panduan saat memilih menu.

 

Efek Samping Diet Keto Dan Cara Meminimalisir

 

Bagi yang baru menjalankan diet keto untuk pemula sebaiknya mengetahui sejak awal apa yang akan bisa timbul sebagai efek samping dari diet ini.

Biasanya orang yang baru melakukan diet keto akan mengalami keto flu dimana tubuh akan terasa lemas, sulit konsentrasi dan berpikir, rasa lapar berlebihan juga rasa tidak nyaman pada pencernaan.

Gejala ini akan hilang dalam beberapa hari.

Untuk memperkecil efek keto flu maka bisa dilakukan dengan cara mengurangi karbo sedikit demi sedikit pada minggu pertama.

Bisa juga dengan menambahkan lebih banyak garam ke dalam makanan serta minum suplemen.

Pada tahap awal diet sebaiknya makan sampai kenyang dan hindari menghilangkan kalori secara berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *