Diet Diabetes: Apa dan Bagaimana Cara Melakukannya!

Diet diabetes hanya berarti makan makanan paling sehat dalam jumlah sedang dan jadwal makan mengikuti seperti biasa.

Diet diabetes adalah rencana makan sehat yang kaya akan nutrisi dan rendah lemak dan kalori.

Elemen kunci nya adalah buah, sayuran dan biji-bijian. Sebenarnya, diet diabetes adalah rencana makan terbaik untuk kebanyakan orang.

 

Definisi Diet Diabetes

Diabetes adalah salah satu masalah kesehatan utama tidak hanya ada di dalam negeri tapi juga di dunia.

Dan itu bukan sesuatu yang bisa diabaikan baik secara finansial maupun kesehatan. Bila dibiarkan sendiri, diabetes bisa menjadi komplikasi akut, dari penyakit jantung sampai masalah hati.

Mungkin ini adalah penyakit yang paling banyak menyebabkan komplikasi pada tubuh. Para penderita diabetes pun banyak menghabiskan uang untuk hal ini.

Diet diabetes

Karena mahal dan sulit diobati diabetes bila sudah dalam tahap komplikasi, pasien disarankan untuk mengatasi masalah ini sesegera mungkin.

Jika mereka bisa mencegah diabetes terjadi dengan beberapa perubahan gaya hidup terutama pada kebiasaan makan, semakin baik.

Kebutuhan akan hal ini berbagai jenis diet yang dirancang untuk membantu pasien diabetes dan penderita diabetes ingin mengatasi masalah ini.

Meskipun pada dasarnya dikonseptualisasikan untuk orang dengan masalah jantung, Atkins juga digunakan sebagai penurun berat badan alternatif untuk penderita diabetes.

Faktanya, banyak pasien diabetes telah benar-benar memberi kesaksian tentang keefektifannya. Diet atkins terutama adalah diet diabetes rendah karbohidrat yang bertujuan mengurangi berat badan dengan melarang orang di bawah program makan makanan kaya karbohidrat.

Ini termasuk nasi, kentang, roti dan pasta. Menurut Dr. Robert Atkins, yang menciptakan makanan untuk pasien dengan masalah jantung di kliniknya, diet diabetes juga dapat memberi manfaat bagi pasien diabetes karena penurunan asupan kalori dapat mengurangi lemak dalam tubuh; sehingga mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Diet diabetes, bagaimanapun, hanya efektif dengan orang-orang yang memiliki diabetes tipe 2 atau diabetes yang disebabkan oleh gaya hidup orang tersebut dan kebiasaan makannya.

Meski begitu, ada kritik yang mengatakan bahwa Atkins sebagai diet diabetes tidak efektif dan nyatanya bisa menimbulkan komplikasi lebih lanjut.

Menurut para ahli, metabolisme yang terlibat dalam pembakaran lemak bukan karbohidrat bisa menimbulkan masalah dan komplikasi.

Selain itu, asupan lemak hewani yang tidak dibatasi, dapat meningkatkan kolesterol ke tingkat yang berbahaya; mengakibatkan diabetes dan bahkan penyakit jantung.

Apa itu Diet Atkins?

Diet Atkins sering disebut “Atkins ketosis diet“, yang Anda makan sebanyak mungkin lemak dan protein sambil menghindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Proses ini telah dikenal bekerja untuk banyak orang seiring dengan bukti medis dari para profesional yang telah terbukti. Atkins untuk diet diabetes telah sangat populer dan terdiri dari 4 fase yang berbeda:

Tahap Induksi – Berlangsung selama 2 minggu selama proses penurunan berat badan tercapai.
Balancing Phase – Menemukan keseimbangan antara asupan karbohidrat dan penurunan berat badan.
Fine Tuning Fase – Secara bertahap mengenalkan kembali pasta dan makanan bertepung lainnya.
Pemeliharaan – Karbohidrat kompleks diperbolehkan selama tidak menghasilkan penambahan berat badan.

 

Kelebihan dan Kekurangan Diet Atkins

  • Karena tubuh memproduksi keton Atkins bisa efektif dalam menghasilkan penurunan berat badan.
  • Atkins kadang disebut “pecinta daging” karena daging diperbolehkan.
  • Telah terbukti mengurangi kadar kolesterol “jahat”.
  • Diet Atkins dapat mendorong pertumbuhan batu ginjal.
  • Kadang bisa menyebabkan sembelit.
  • Diet atkins dan ketosis adalah istilah yang kontradiktif.

Resiko Diet Atkins untuk Diet Diabetes

Diet Atkins sebagai diet diabetes mulai tidak disukai dalam beberapa tahun terakhir karena satu alasan yang penting: persepsi bahwa itu bertentangan dengan diri sendiri. Artinya, pada awal proses Atkins seseorang diharapkan bisa secara drastis mengurangi asupan karbohidrat sebanyak 90%.

Melakukannya memulai proses ketosis yang menghasilkan pembakaran lemak dan bukan karbohidrat untuk energi. Penurunan berat badan yang cepat sering terjadi.

Namun, seperti disebutkan di atas, dimulai dengan “fase 2” dari karbohidrat diet Atkins secara bertahap diperkenalkan kembali. Banyak yang mengklaim bahwa reintroduksi ini sebenarnya adalah di mana Atkins menanduk ketosis dan begitu runtuh pada dirinya sendiri.

Apa yang sering terjadi, bagaimanapun, adalah bahwa sekali diperbolehkan untuk makan makanan karbohidrat tinggi lagi, disiplin rusak, ketosis ditinggalkan, dan penambahan berat badan dilanjutkan.

Intinya, orang tersebut telah menempatkan tubuh mereka melalui proses transisi yang rumit (mencapai negara) tanpa alasan.

Baca juga: 7 Jenis Teh Pelangsing Terbaik | Penurun Berat Badan yang BAGUS CEPAT AMAN & AMPUH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *