Cara Minum Teh Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi pencinta teh, Anda mungkin sudah tahu manfaat teh hijau untuk diet, tetapi banyak yang masih bingung cara minum teh hijau untuk menurunkan berat badan agar cepat kurus. Aturan mengkonsumsinya, membuat serta menyeduhnya.

Sebagai besar orang Indonesia suka minum teh, diperkirakan tahun 2014, menurut data Asosiasi Industri Minuman Ringan (Asrim), di Indonesia jumlah konsumsi teh dalam kemasan mencapai 2 miliar liter per tahun. Bagaimana dengan sekarang?

Meskipun teh hitam yang paling populer – tetapi teh hijau dilaporkan tumbuh dengan volume konsumsi yang jauh lebih tinggi daripada teh hitam.

Dugaan kami adalah karena peran potensial khasiat teh hijau dalam menurunkan berat badan. (sumber: Bps)

 

Cara Diet dengan Teh Hijau

Minum teh hijau akan mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan Anda dan sebagai teh pelangsing. Seperti yang mungkin pernah Anda dengar, teh hijau mengandung banyak antioksidan serta efek diuretik dan thermogenik.

Hal Ini bisa melindungi Anda dari berbagai macam masalah kesehatan, seperti penyakit jantung. Pada artikel ini, kita akan melihat cara terbaik untuk minum hijau agar mendapatkan manfaat kesehatan dan berfungsi sebagai penurunan berat badan yang sangat baik.

Saat Anda menyiapkan secangkir teh hijau, rasa nya akan tergantung bagaimana Anda membuatnya. Semuanya tergantung pada suhu air dan seberapa lama teh itu direndam.

Menurut para pecinta teh, minuman yang sempurna kaya akan rasa namun tanpa rasa pahit. Bila airnya terlalu panas atau daunnya direndam terlalu lama, teh akan terasa menjadi pahit.

Sebaliknya, Jika airnya terlalu dingin,  rasa tehnya tidak terekstraksi dengan sempurna. Ingat: bahwa waktu yang Anda butuhkan untuk menyeduh teh bergantung pada banyak hal, termasuk ukuran daun, jenis teh, saat dipanen, dan beberapa faktor lainnya.

Teh hijau umumnya dipanaskan sampai antara 140 ° F sampai 185 ° F (60 ° C sampai 85 ° C) dan harus direndam selama satu sampai tiga menit.

Sumber: Wikihow

 

Apakah Cara Minum Teh Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan Anda, Sudah Benar? 

Bagaimana lagi Anda bisa menyiapkan teh hijau? Jika Anda ingin memaksimalkan kandungan antioksidan dari secangkir teh hijau.

Cobalah merendamnya selama sekitar dua jam dengan air dingin untuk mendapatkan rasa yang menyenangkan. Dengan cara ini, Anda akan bisa memanfaatkan manfaat penting dari khasiat alami teh.

Wellness and nutrition consultant” tentang aturan yang tidak tertulis menjelaskan cara minum teh hijau sebagai minuman pelangsing sebagai berikut:

Baca juga5 Merk Teh Hijau Yang Bagus Untuk Diet

Cara Minum Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan

 

Minum Teh 2-3 cangkir sehari

Cara Minum Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan

Teh hijau yang mengandung antioksidan tinggi dan senyawa berbasis tumbuhan alami seperti tanin dan flavonoid.

Kelebihan zat ini bisa mengakibatkan toksisitas atau bisa menyebabkan kerusakan pada hati.
Jadi jangan meminum lebih dari dua sampai tiga cangkir sehari.

Minumlah Air Putih Yang Banyak

Teh hijau juga bersifat diuretik, hal ini bisa menyebabkan Anda sering buang air kecil. Jadi lebih baik meminum lebih banyak air putih untuk jaga tubuh tidak terdehidrasi  dan juga menjaga kelembaban tubuh Anda.

Minum Teh Setelah Makan

Jangan mengkonsumsi teh hijau dalam keadaan perut kosong. Teh hijau akan menjadi baik dan bermanfaat jika perut dalam keadaan terisi.

Sementara teh hijau bisa menjadi buruk jika Anda meminumnya dalam keadaan perut kosong. Karena itu, pastikan bahwa Anda sudah makan makanan yang tepat sebelum menyiapkan secangkir teh Anda.

Kandungan kafein kecil dalam teh dan kandungan taninnya bisa memicu peningkatan asam lambung. Itulah sebabnya lebih baik dan aman meminumnya saat perut Anda tidak dalam keadaan kosong.

Jangan Minum Teh Segera Setelah Makan

Banyak orang cara minum teh hijau setelah makan, tanpa disadari bahwa meminum teh hijau segera setelah makan bisa menghambat penyerapan nutrisi.

Artinya, apa pun yang Anda makan tidak diserap dengan benar karena kafein dan tanin bertindak sebagai penyumbat.

Hal ini juga dapat mencairkan cairan lambung sehingga menghasilkan kinerja pencernaan yang tidak tepat. Jadi yang terbaik cara minum teh hijau adalah 30-45 menit sebelum atau sesudah makan.

Jangan Minum Teh Pada Saat Bangun Tidur Atau Sebelum Tidur

Teh hijau tidak seperti susu, ada perbedaan besar. Susu itu bagus untuk Anda di pagi hari dan disarankan untuk minumnya agar memperoleh tidur yang berkualitas.

Tetapi minum teh hijau justru sebaliknya. Waktu terbaik untuk minum teh sebenarnya antara 30-45 menit sebelum atau sesudah makan.

Hindari teh hijau di malam hari karena bisa mengganggu pola tidur Anda dan bisa meningkatkan tingkat stres.

Dan terkadang, hal itu juga tergantung pada alasan konsumsi teh hijau Anda. Jika Anda mengkonsumsi teh hijau untuk menurunkan berat badan, maka Anda bisa meminumnya satu jam sebelum tidur.

Ini akan membantu Anda membakar lemak lebih cepat bahkan saat Anda sedang tidur.

Bagi Wanita Hamil, Minum Teh Secukupnya

Terlalu banyak asupan teh hijau juga meningkatkan konsumsi kafein. Oleh karena itu, dianjurkan bagi setiap wanita hamil untuk minum teh hijau dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan.

Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi lebih dari 200 gram kafein meningkatkan risiko keguguran janin.

Selalu Berkumur Setelah Anda Minum Teh. Jika memungkinkan, Segera Menggosok Gigi

Kelihatannya ironis umumnya teh hijau dapat membantu memperkuat gigi dan tulang Anda, namun juga dapat menyebabkan beberapa efek terhadap perubahan warna gigi.

Nah, begitulah masalahnya. Teh hijau adalah minuman berwarna gelap. Oleh karena itu dalam jangka panjang konsumsi teh hijau dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi Anda.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa membuat kebiasaan berkumur setelah Anda selesai meminum secangkir teh.

Jika tidak, Anda bisa menyikat gigi setelah nya. Ini akan membantu Anda mendapatkan kembali warna alami gigi Anda sambil terus menikmati manfaat teh hijau.

Kurangi Konsumsi Produk Teh Hijau Dengan Tambahan Perasa Buah. Konsumsilah Teh Hijau Yang Terbungkus Kantong.  

Teh Hijau Dengan Tambahan Perasa Buah

Jujur saja,minum teh hijau dengan ekstrak jus buah akan menambah kadar asam dalam teh karena perasa tersebut.

Jika sering mengkonsumsi  teh dengan perisa buah dapat menyebabkan jantung berdebar dan masalah perut dalam jangka panjang.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat alami teh hijau, konsumsilah langsung dari kantong teh berkualitas tinggi.

Jangan Menggunakan kembali Kantong Teh Hijau Yang Sudah Terpakai 

Tidak hanya kandungan kafein dalam kantong teh yang sudah digunakan, kantong teh basah juga rentan terhadap infestasi mikroba.

Sebagai aturan, jangan pernah menggunakannya lebih dari dua kali. Karena itu, yang terbaik adalah menggunakan daun teh hijau untuk membuat secangkir teh Anda.

Sensitif Terhadap Kafein? Anda Bisa Mencoba Teh Hijau Tanpa Kafein

Bagi mereka yang peka terhadap asupan kafeinnya. Anda salah mengerti atau kurang paham tentang teh yang tidak mengandung kafein.

Semua teh sebenarnya mengandung kafein namun nilainya lebih rendah dibandingkan dengan kandungan kafein dari kopi dan minuman berkarbonasi lainnya.

Dengan ini, Anda bisa beralih ke teh hijau tanpa kafein yang tersedia di pasaran. Tapi perhatikan juga bahwa teh tanpa kafein mengandung polifenol yang lebih rendah.

Polifenol ini bertanggung jawab atas beragam manfaat teh hijau. dalam meningkatkan metabolisme tubuh yang akan menurunkan berat badan Anda.

 

Kesimpulan

Setiap orang memiliki cara minum yang berbeda-beda, disebabkan oleh kebutuhan akan teh hijau itu sendiri. Cara minum teh hijau untuk menurunkan berat badan agar cepat kurus memiliki aturan tersendiri Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam program penurunan berat badan,

Selain mendapatkan manfaat kesehatan dari teh hijau, Anda juga dapat menikmati segarnya aroma dan citra rasa yang maksimal terkandung dalam teh hijau.

Saran kami ikutilah para ahli atau anjuran dokter jika Anda sensitif terhadap zat yang terkandung dalam teh hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *